China Akan Perketat Visa untuk Warga AS yang Terlibat Kelompok Anti-China

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 10 Okt 2019 19:27 WIB
Ilustrasi (ebcitizen.com)

Sumber yang menolak disebut identitasnya menyatakan bahwa pengetatan oleh China akan mewajibkan penyusunan daftar institusi militer AS dan institusi terkait CIA juga kelompok-kelompok HAM, serta penambahan karyawan institusi-institusi tersebut ke daftar hitam untuk visa ke wilayah China.

Pengetatan pembatasan visa ini mencuat di tengah meningkatnya kekhawatiran di China bahwa AS dan negara lainnya memanfaatkan organisasi dan institusi tertentu untuk menghasut unjuk rasa antipemerintah baik di daratan utama China maupun di Hong Kong.


Menurut salah satu sumber, langkah terbaru China ini juga menjadi balasan atas pembatasan visa terbaru yang diberlakukan AS terhadap warga China.

"Rencana ini telah dibahas secara luas oleh para pejabat senior kepolisian dalam beberapa bulan terakhir, namun semakin mungkin untuk diberlakukan setelah unjuk rasa Hong Kong dan larangan visa AS pada para pejabat China," ucap sumber tersebut.

Otoritas Imigrasi Nasional China, yang beroperasi di bawah Kementerian Keamanan Publik China, belum memberikan tanggapan atas laporan ini.

Halaman

(nvc/dnu)