detikNews
2019/10/10 19:27:25 WIB

China Akan Perketat Visa untuk Warga AS yang Terlibat Kelompok Anti-China

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
China Akan Perketat Visa untuk Warga AS yang Terlibat Kelompok Anti-China Ilustrasi (ebcitizen.com)
Beijing - Pemerintah China berencana untuk memperketat pembatasan visa bagi warga negara Amerika Serikat (AS) yang dinilai memiliki keterkaitan dengan kelompok-kelompok anti-China. Hal ini terungkap menyusul pembatasan serupa yang diberlakukan otoritas AS terhadap warga China.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (10/10/2019), hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah sumber yang memahami rencana pengetatan pembatasan visa oleh pemerintah China ini.

Disebutkan bahwa Kementerian Keamanan Publik China, selama berbulan-bulan, tengah menyusun aturan untuk membatasi kemampuan dari setiap orang yang dipekerjakan, atau disponsori, oleh dinas intelijen AS dan kelompok HAM untuk melakukan kunjungan ke wilayah China.


Rencana pengetatan pembatasan visa oleh China ini disusun setelah AS memberlakukan pengetatan aturan visa bagi para akademisi China pada Mei lalu.

Pembatasan visa terbaru untuk warga China diumumkan oleh otoritas AS pada Selasa (8/10) waktu setempat. Aturan terbaru ini berlaku untuk anggota pemerintahan China dan pejabat Partai Komunis China yang diyakini bertanggung jawab atas penahanan atau penganiayaan terhadap warga minoritas muslim, termasuk Uighur di Provinsi Xinjiang.

Disebutkan salah satu sumber yang dikutip Reuters bahwa aturan terbaru AS itu semakin mendorong langkah pengetatan pembatasan visa oleh pemerintah China terhadap warga AS. "Ini bukan sesuatu yang kami ingin lakukan tapi kami tampaknya tidak memiliki pilihan lain," sebut sumber tersebut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com