detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 02:57 WIB

Fosil Dinosaurus 'Bergigi Hiu' Ditemukan di Thailand

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Fosil Dinosaurus Bergigi Hiu Ditemukan di Thailand Rekonstruksi tulang dinosaurus Siamraptor (Foto: Reuters)
Bangkok - Fosil dinosaurus karnivora yang merupakan predator teratas pada sekitar 115 juta tahun yang lalu telah ditemukan di Thailand. Dinosaurus itu termasuk salah satu anggota awal kelompok dinosaurus pemakan daging yang terkenal karena gigi mereka yang mirip gigi hiu.

Dilansir dari Reuters, Kamis (10/10/2019), para ilmuwan mengatakan bahwa dinosaurus yang bernama Siamraptor suwati itu memiliki panjang lebih dari 26 kaki (9 meter) dan beratnya setidaknya 3,5 ton. Siamraptor merupakan dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan di Thailand. Mereka hidup selama Zaman Kapur di lingkungan yang berpusat pada sistem sungai yang berkelok-kelok dan memangsa dinosaurus pemakan tumbuhan.



Ahli paleontologi Duangsuda Chokchaloemwong dari Universitas Nakhon Ratchasima Rajabhat dan Museum Fosil Khorat di Thailand mengatakan kerangka parsial empat individu Siamraptor ditemukan di Korat, Thailand. Fosil-fosil itu termasuk bagian tengkorak, tulang punggung, anggota badan, pinggul, dan gigi.

"Siamraptor adalah predator terbesar di lingkungan dan dengan demikian bisa menjadi predator puncak pada saat itu," kata ahli paleontologi dari Universitas Prefektur Fukui dan Museum Dinosaurus Prefektur Fukui di Jepang, Soki Hattori.



Siamraptor, yang berarti 'perampok dari Thailand', menyoroti sejarah evolusi awal kelompok dinosaurus yang dikenal sebagai carcharodontosaurus. Anggota kelompok yang paling terkenal adalah Carcharodontosaurus - yang berarti 'kadal bergigi hiu' - dinosaurus yang berada di antara karnivora terbesar yang pernah ada di bumi. Mereka hidup sekitar 90 juta tahun yang lalu di Afrika utara dan panjangnya sekitar 45 kaki (13,5 meter). Gigi dinosaurus dalam kelompok ini memiliki ciri-ciri yang menyerupai hiu, memungkinkan pencabutan daging yang efisien.

"Gigi carcharodontosaurus, termasuk Carcharodontosaurus, menunjukkan undulasi karakteristik permukaan sepanjang margin tipis, seperti 'gigi hiu.' Fitur ini juga diamati pada gigi Siamraptor," tambah Hattori.



Carcharodontosaurus paling awal diketahui dari fosil yang bahkan lebih tua dari Afrika dan Eropa, membuat para peneliti terkejut saat menemukan anggota awal kelompok di Asia Tenggara. Carcharodontosaurus adalah bagian dari kumpulan dinosaurus yang lebih besar yang disebut theropoda yang mencakup semua dinosaurus karnivora termasuk orang-orang seperti Tyrannosaurus rex yang hidup di Amerika Utara pada akhir usia dinosaurus sekitar 66 juta tahun yang lalu, serta burung.

Carcharodontosaurus berbeda dari beberapa theropoda yang lebih berat seperti Tyrannosaurus. "Mereka memiliki tengkorak sempit yang dibuat ringan dengan tanduk atau lambang di atap tengkorak mereka, dan kaki depan relatif kuat dengan tiga jari," kata Hattori.

Studi ini, bagian dari kolaborasi penelitian yang disebut Proyek Dinosaurus Jepang-Thailand, diterbitkan dalam jurnal PLOS One.
(mae/eva)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com