detikNews
2019/10/09 12:34:49 WIB

Gedung Putih Nyatakan Perang terhadap Penyelidikan Pemakzulan Trump

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gedung Putih Nyatakan Perang terhadap Penyelidikan Pemakzulan Trump Presiden AS Donald Trump (Foto: AP Photo/Carolyn Kaster)
Washington - Gedung Putih menyatakan perang terhadap penyelidikan pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Gedung Putih menyebut proses pemakzulan itu partisan, tidak sah dan tidak konstitusional serta menegaskan bahwa presiden dan pemerintahannya tidak akan bekerja sama.

Penolakan untuk bekerja sama dalam penyelidikan pemakzulan Trump itu disampaikan Gedung Putih dalam surat setebal delapan halaman. Dalam surat itu, Gedung Putih mengkritik Ketua DPR Nancy Pelosi dan kepala tiga panel kongres yang memimpin penyelidikan pemakzulan ini. Gedung Putih menantang mereka untuk melanjutkan upaya pemakzulan Trump meski tanpa adanya kerjasama di masa mendatang.

"Sederhananya, Anda berusaha untuk membalikkan hasil pemilu 2016 dan mencabut rakyat Amerika dari presiden yang telah mereka pilih secara bebas," tulis penasihat Gedung Putih, Pat Cipollone dalam surat tersebut.


"Penyelidikan Anda tidak memiliki dasar konstitusi yang sah, kepura-puraan keadilan, atau bahkan perlindungan proses yang paling dasar," kata Cipollone tentang penyelidikan, yang mengkaji apakah Trump menyalahgunakan jabatannya dengan menyerukan penyelidikan dugaan korupsi di Ukraina terhadap saingannya, Joe Biden.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com