detikNews
2019/10/08 17:32:29 WIB

Pemimpin Hong Kong Sebut Kemungkinan Intervensi China Untuk Akhiri Aksi Demo

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemimpin Hong Kong Sebut Kemungkinan Intervensi China Untuk Akhiri Aksi Demo bentrokan saat demo akhir pekan di Hong Kong (Foto: Reuters)
Hong Kong - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam menyebut kemungkinan adanya intervensi China untuk mengakhiri aksi-aksi demo yang telah berlangsung berbulan-bulan di kota tersebut. Terlebih setelah aksi demo pada akhir pekan lalu yang diwarnai kericuhan hingga melumpuhkan Hong Kong.

Sejumlah demonstran garis keras telah merusak stasiun-stasiun kereta bawah tanah, merusak toko-toko yang punya kaitan dengan China, dan memblokir jalan-jalan pada akhir pekan lalu setelah Lam mengumumkan larangan mengenakan masker atau penutup wajah bagi para demonstran. Hingga hari Selasa pagi waktu setempat, setidaknya 13 stasiun kereta bawah tanah yang dirusak massa, masih ditutup.


Pihak operator Mass Transit Railway (MTR) menyatakan bahwa seluruh jaringan -- yang mengangkut sekitar empat juta orang setiap hari -- akan ditutup pada pukul 20.00, atau lima jam lebih awal dari biasanya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com