detikNews
2019/10/07 11:36:20 WIB

Kapal Nelayan Korut Tabrakan dengan Kapal Patroli Jepang

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 1
Kapal Nelayan Korut Tabrakan dengan Kapal Patroli Jepang Ilustrasi (Dok. detikcom)
Tokyo - Sebuah kapal nelayan berbendera Korea Utara (Korut) bertabrakan dengan sebuah kapal patroli milik Jepang di wilayah perairan Jepang. Sekitar 20 warga Korut yang ada di atas kapal terlempar ke dalam air dan sempat terombang-ambing di lautan.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (7/10/2019), tabrakan terjadi antara kapal yang diyakini sebagai kapal nelayan Korut dengan kapal milik Dinas Perikanan Jepang pada Senin (7/10) pagi sekitar pukul 09.10 waktu setempat. Kapal-kapal patroli dari Penjaga Pantai Jepang dikerahkan untuk melakukan penyelamatan.

"Kami mengerahkan kapal-kapal dan pesawat penyelamat ke area, tapi kami tidak mengetahui informasi lebih detail soal insiden itu," sebut juru bicara Penjaga Pantai Jepang, Kazuma Nohara, kepada AFP.


Kapal nelayan Korut itu dilaporkan terbalik sebagian usai tabrakan. Belum ada laporan pasti soal kondisi orang-orang yang terjatuh dari kapal. Nohara menyebut tabrakan ini terjadi di perairan berjarak 350 kilometer sebelah barat laut Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa, Jepang bagian tengah.

"Kami sedang memperkuat patroli di area perairan tersebut dalam kerja sama dengan Dinas Perikanan," sebut Nohara. Kerja sama itu dilakukan di tengah maraknya laporan kapal nelayan Korut mencari ikan dan cumi-cumi secara ilegal di perairan tersebut, beberapa tahun terakhir.

Para pakar menyebut sejumlah nelayan Korut berlayar sangat jauh di lautan demi memuaskan mandat pemerintah untuk mendapat tangkapan lebih besar. Dampaknya, puluhan kapal nelayan Korut yang menua dan tidak dilengkapi peralatan canggih, tersapu arus dan terdampar di pantai Jepang setiap tahunnya.


Televisi nasional Jepang, NHK, mengutip Wakil Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Hiroyuki Suematsu, yang menyebut bahwa insiden tabrakan terjadi di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. Suetmatsu menyebut kapal Korut itu mungkin saja tenggelam usai bertabrakan dengan kapal Jepang.




Tonton juga video Kapal Nelayan Tenggelam di Laut Jawa, Seluruh ABK Selamat:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com