detikNews
2019/10/05 15:23:36 WIB

Palestina Akan Kembali Terima Uang Pajak Rp 6 Triliun dari Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Palestina Akan Kembali Terima Uang Pajak Rp 6 Triliun dari Israel Ilustrasi (Reuters)
Ramallah - Otoritas Palestina akan menerima transfer dana pajak sebesar 1,5 miliar Shekels (Rp 6 triliun) dari Israel. Palestina sebelumnya menolak menerima dana ini karena Israel mentransfernya tidak secara utuh.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (5/10/2019), dana yang akan ditransfer itu merupakan pendapatan pajak yang dikumpulkan atas nama Palestina, oleh Israel. Dana ini berasal dari pungutan bea cukai terhadap barang-barang yang disalurkan untuk pasar Palestina, yang transit melalui pelabuhan Israel.


Beberapa bulan terakhir, Otoritas Palestina (PA) menolak untuk menerima pendapatan pajak karena bertikai dengan Israel terkait tunjangan untuk warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel, atau keluarga mereka. Masalahnya, tahanan Palestina yang menyerang warga Israel juga menerima tunjangan.

Israel keberatan dengan hal tersebut dan menyebut tunjangan itu sebagai 'gaji untuk teroris'. Sebagai bentuk protes pada kebijakan Palestina, otoritas Israel, pada Februari lalu, menahan sekitar US$ 10 juta per bulan dari pendapatan pajak sebesar US$ 190 juta yang dikumpulkan Israel untuk Palestina. Hal itu membuat Presiden Palestina, Mahmud Abbas, menolak pembayaran secara keseluruhan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com