detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 20:01 WIB

Houthi Tawarkan Gencatan Senjata di Yaman, Arab Saudi Beri Respons Positif

Novi Christiastuti - detikNews
Houthi Tawarkan Gencatan Senjata di Yaman, Arab Saudi Beri Respons Positif Ilustrasi (REUTERS/Stringer)
Riyadh - Arab Saudi memberikan respons positif terhadap tawaran gencatan senjata dari pemberontak Houthi di Yaman. Otoritas Saudi bahkan mengharapkan penerapan gencatan senjata bisa berlangsung efektif.

Saudi memimpin koalisi militer untuk mendukung pemerintahan Yaman dalam melawan pemberontak Houthi, yang didukung Iran, sejak tahun 2015. Konflik Yaman dilaporkan telah menewaskan puluhan ribu orang, yang sebagian besar merupakan warga sipil.


Konflik berkepanjangan ini membawa Yaman ke dalam situasi yang, oleh PBB, disebut sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

"Gencatan senjata yang diumumkan di Yaman dipandang secara positif oleh kerajaan (Saudi), karena inilah yang selalu diupayakan, dan diharapkan itu akan diterapkan secara efektif," sebut Wakil Menteri Pertahanan Saudi, Pangeran Khalid bin Salman, via Twitter seperti dilansir AFP, Jumat (4/10/2019).

Pada 21 September lalu, pemberontak Houthi mengumumkan bahwa mereka siap menjalin perdamaian dengan Saudi. Mereka terus mengulang tawaran mereka itu meskipun koalisi Saudi melanjutkan serangan udara terhadap posisi Houthi di Yaman.


Otoritas Saudi sebelumnya telah menyatakan akan menilai Houthi berdasarkan 'tindakan mereka dan bukan kata-kata mereka'.

Pada Senin (30/9) lalu, pemberontak Houthi membebaskan 290 tahanan, di bawah kesepakatan pertukaran tahanan yang dimediasi PBB di Swedia pada Desember 2018.


Simak juga video "Puluhan Orang Tewas dan 260 Orang Terluka di Aden":

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com