detikNews
2019/10/03 14:37:23 WIB

Penyelidikan Pemakzulan Trump, Eks Utusan AS untuk Ukraina Akan Ditanyai

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Penyelidikan Pemakzulan Trump, Eks Utusan AS untuk Ukraina Akan Ditanyai Kurt Volker dalam foto tahun 2018 (AP Photo/Efrem Lukatsky)
Washington DC - Diplomat senior Amerika Serikat (AS) yang pernah menjabat sebagai Utusan Khusus AS untuk Ukraina akan memberikan keterangan di hadapan komisi House of Representatives (HOR) atau DPR AS sebagai bagian dari penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden AS Donald Trump.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (3/10/2019), Kurt Volker yang menjabat Utusan Khusus AS untuk Ukraina sejak tahun 2017, telah mengundurkan diri pada Jumat (27/9) pekan lalu. Dia mengundurkan diri setelah muncul laporan whistleblower yang menuduh Trump menekan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, untuk melakukan penyelidikan terhadap Joe Biden, calon penantang utama Trump dalam pilpres 2020 dan putranya, Hunter.

Laporan whistleblower itu juga menyebut Volker sempat berupaya 'menangkal kerusakan' yang muncul dari upaya yang dilakukan pengacara pribadi Trump, Rudy Giuliani, untuk menekan Ukraina menyelidiki Partai Demokrat.


Laporan whistleblower itu mendorong DPR AS meluncurkan penyelidikan pemakzulan, yang bertujuan menyelidiki dugaan Trump menyalahgunakan kekuasaan untuk mencari informasi yang merugikan rival politiknya. Penyelidikan pemakzulan dilakukan oleh tiga komisi pada DPR AS, yakni Komisi Intelijen, Komisi Urusan Luar Negeri dan Komisi Pengawasan.

Pada Kamis (3/10) waktu setempat, staf dari ketiga komisi itu akan melakukan wawancara tertulis dengan Volker. Diplomat berusia 54 tahun yang pernah menjadi Duta Besar AS untuk NATO, itu bersedia hadir secara sukarela.

Wawancara terhadap Volker akan digelar secara tertutup. Nantinya, rangkaian wawancara dan sesi tanya-jawab dengan diplomat dan pejabat AS lainnya akan digelar dalam waktu 10 hari ke depan, juga secara tertutup di gedung Kongres AS.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com