detikNews
Kamis 03 Oktober 2019, 03:02 WIB

Kurdi Suriah Pulangkan Dua Anak Terkait ISIS ke Austria

Faiq Hidayat - detikNews
Kurdi Suriah Pulangkan Dua Anak Terkait ISIS ke Austria Ilustrasi anak (Foto: Istock)
Syria - Kelompok Kurdi di Suriah menyerahkan dua anak yatim piatu yang berkaitan kelompok ISIS kepada perwakilan Kementerian Luar Negeri Austria. Penyerahan dua anak itu di persimpangan Zamalka Suriah.

"Dua saudara yatim piatu diserahkan hari ini kepada seorang perwakilan dari kementerian luar negeri Austria," kata seorang pejabat Kurdi di Suriah Fanar al-Kaeet dilansir AFP, Kamis (3/10/2019).



Pada akhir Agustus, pihak Austria mengatakan sedang siap membawa pulang dua anak itu dari seorang pendukung yang sudah meninggal. Dua anak itu berjenis kelamin laki-laki berusia 3 tahun. Keputusan pemulangan dua anak itu berdasarkan hasil pengadilan atas tes DNA dari neneknya

"Kementerian luar negeri Austria menghubungi kami untuk mengambil kembali anak-anak atas permintaan dari nenek mereka," katanya.

Ibu mereka di Austria bergabung dengan ISIS yang baru berusia 15 tahun pada tahun 2014, ketika Suriah dikuasai pemberontak. Juru bicara kementerian luar negeri Austria, Peter Guschelbauer mengatakan, setidaknya ada tiga anak lain bisa dipulangkan nanti.



Pejuang yang dipimpin Kurdi telah memimpin perang yang didukung AS melawan ISIS di Suriah, mengusir para jihadis dari wilayah Suriah bagian timur. Setelah bertahun-tahun berperang, Kurdi Suriah menahan ribuan tersangka anggota ISIS asing di tahanan.
(fai/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com