detikNews
2019/10/01 18:17:45 WIB

AS Tangkap Pemandu Wisata yang Dicurigai Jadi Mata-mata China

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
AS Tangkap Pemandu Wisata yang Dicurigai Jadi Mata-mata China Ilustrasi (BBC World)
San Francisco - Seorang pemandu wisata di San Francisco, Amerika Serikat (AS), ditangkap dan didakwa menjadi mata-mata untuk China. Penyidik Biro Investigasi Federal (FBI) mendapati pemandu wisata ini beberapa kali menerima rahasia keamanan nasional AS dan menyerahkannya secara diam-diam ke otoritas China.

Seperti dilansir AFP, Selasa (1/10/2019), pemandu wisata bernama Edward Peng Xuehua (56) ini adalah warga naturalisasi AS. Dia ditangkap di Hayward, California, pada Jumat (27/9) waktu setempat. Departemen Kehakiman AS menyebut Peng ditahan tanpa jaminan sehingga dia tetap ditahan selama penyelidikan.


Disebutkan Departemen Kehakiman AS bahwa Peng kedapatan oleh penyidik FBI beberapa kali menerima informasi via metode 'dead drops' -- metode tukar informasi atau objek dalam spionase dengan menggunakan lokasi rahasia tanpa pertemuan langsung. FBI juga memergoki Peng memegang sejumlah SD memory card berisi informasi sensitif. Oleh otoritas AS, Peng awalnya dijerat dakwaan bertindak sebagai agen asing secara ilegal.

"Mengantarkan informasi keamanan nasional Amerika Serikat yang bersifat rahasia kepada pejabat Kementerian Keamanan Negara (MSS) Republik Rakyat China," demikian bunyi dakwaan terhadap Peng.


Aktivitas spionase Peng terbongkar dalam 'operasi agen ganda' yang menargetkan MSS, yang merupakan sayap intelijen nasional China. FBI menyalurkan informasi rahasia itu kepada agen MSS menggunakan sang agen ganda AS, yang dibayar untuk informasi tersebut.

Operasi itu membawa FBI kepada Peng, yang pada tahun 2015 lalu terpantau mengambil sebuah SD card berisi informasi rahasia AS. SD card itu sengaja ditinggalkan oleh sang agen ganda, yang mengaku diberitahu oleh agen China untuk menyembunyikannya di dalam buku di meja resepsionis di sebuah hotel di Newark, California.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com