detikNews
2019/10/01 12:05:30 WIB

MBS Akui Tanggung Jawab Atas Pembunuhan Khashoggi, Pakar PBB Mengecam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
MBS Akui Tanggung Jawab Atas Pembunuhan Khashoggi, Pakar PBB Mengecam Putra Mahkota Arab Saudi (Foto: Dok. REUTERS/Hamad I Mohammed)
Washington - Pakar HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Agnes Callamard mengecam Putra Mahkota Arab Saudi terkait pernyataannya atas pembunuhan jurnalis kawakan Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Callamard yang memimpin penyelidikan atas pembunuhan Khashoggi, bereaksi atas wawancara Pangeran Mohammed bin Salman (biasa disingkat MBS) di program "60 Minutes" di stasiun televisi Amerika, CBS pada Minggu (29/9) waktu setempat. Dalam wawancara tersebut, MBS membantah memerintahkan ataupun mengetahui pembunuhan brutal yang terjadi pada 2 Oktober 2018 itu. Namun MBS menyatakan dirinya memikul tanggung jawab penuh sebagai pemimpin di Arab Saudi.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (1/10/2019), pakar HAM PBB tersebut mengatakan bahwa wawancara itu menandai pengakuan MBS bahwa "pembunuhan Khashoggi merupakan pembunuhan oleh negara". Callamard pun mengecam Putra Mahkota Saudi itu karena tidak "mengambil tanggung jawab pribadi atas kejahatan tersebut".


"Dia menciptakan perbedaan besar antara dirinya dan kejahatan tersebut dengan berdalih bahwa dirinya tak bisa bertanggung jawab atas perilaku semua pegawai pemerintah Saudi," ujar pelapor khusus PBB tentang pembunuhan di luar proses hukum.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com