detikNews
2019/09/30 17:23:03 WIB

Pemberontak Houthi Akan Bebaskan 350 Tahanan, Termasuk 3 Warga Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemberontak Houthi Akan Bebaskan 350 Tahanan, Termasuk 3 Warga Saudi Pemberontak Houthi berpose di atas kendaraan Saudi yang direbut setelah serangan di dekat perbatasan Yaman (Al Masirah/Houthi Military Media Center/Reuters TV via REUTERS)
Sanaa - Kelompok pemberontak Houthi di Yaman akan membebaskan 350 tahanan di bawah pengawasan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sebagai bagian dari inisiatif perdamaian. Terdapat tiga tahanan asal Arab Saudi di antara para tahanan yang akan dibebaskan.

Diketahui bahwa Saudi selama ini memimpin koalisi militer yang menggempur posisi Houthi di Yaman. Operasi militer terhadap Houthi -- yang didukung Iran dalam konflik Yaman -- telah dilancarkan Saudi sejak tahun 2015 lalu.

Seperti dilansir Reuters, Senin (30/9/2019), kesepakatan untuk saling tukar tahanan antara Houthi dan pemerintah Yaman -- yang diakui secara internasional dan didukung Saudi -- telah tercapai pada Desember lalu di Swedia. Kesepakatan ini dimediasi oleh PBB.


Namun pada praktiknya, kesepakatan tukar tahanan yang melibatkan 7 ribu tahanan dari masing-masing pihak ini, menemui kebuntuan saat kedua pihak kesulitan mencapai kesepakatan soal penerapannya.

"Inisiatif kami membuktikan kredibilitas kami dalam menerapkan kesepakatan Swedia dan kami menyerukan kepada pihak lain untuk mengambil langkah yang sebanding," ucap Kepala Komisi Urusan Tahanan Houthi, Abdul Qader al-Murtada, dalam pernyataan yang disiarkan al-Masirah TV, sayap media Houthi.

"350 tahanan ... masuk dalam daftar tahanan dari kesepakatan Swedia," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com