detikNews
2019/09/28 14:38:53 WIB

4 Gajah Ditemukan Mati di Sri Lanka, Diduga Diracun Warga

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
4 Gajah Ditemukan Mati di Sri Lanka, Diduga Diracun Warga Bangkai gajah yang diduga mati diracun oleh warga yang marah (STR/AFP)
Kolombo - Mengenaskan! Empat ekor gajah ditemukan mati di Sri Lanka, dalam satu hari. Kepolisian setempat mencurigai gajah-gajah ini sengaja diracun oleh warga desa yang marah.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (28/9/2010), serangan gajah liar dilaporkan menewaskan 50 orang setiap tahunnya di Sri Lanka. Kebanyakan serangan terjadi terhadap warga yang membangun rumah di dekat habitat gajah.

Dilaporkan nyaris 200 ekor gajah mati dibunuh setiap tahunnya di Sri Lanka. Kebanyakan gajah-gajah itu dibunuh para petani lokal setelah binatang liar itu masuk ke lahan pertanian.


Empat bangkai gajah ditemukan di kawasan hutan dekat Sigiriya, yang merupakan situs warisan UNESCO yang dilindungi, pada Jumat (27/9) waktu setempat. Di kawasan hutan itu juga terdapat benteng batu dari abad ke-5.

Keempat gajah yang mati itu diperkirakan berusia antara 15-25 tahun. Terdapat seekor gajah betina yang sedang hamil dan seekor gajah jantan di antara gajah-gajah yang mati itu.

"Kami memanggil para pakar satwa liar dan dokter hewan untuk melakukan autopsi," tutur pejabat kepolisian setempat via telepon. Sigiriya diketahui berjarak 175 kilometer sebelah utara Kolombo.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com