detikNews
Rabu 25 September 2019, 18:24 WIB

Pertama di Australia, Canberra Legalkan Ganja untuk Konsumsi Pribadi

Novi Christiastuti - detikNews
Pertama di Australia, Canberra Legalkan Ganja untuk Konsumsi Pribadi Ilustrasi
Canberra - Canberra menjadi kota pertama di Australia yang melegalkan ganja untuk konsumsi pribadi. Kepemilikan, penggunaan dan pengolahan sejumlah kecil ganja dilegalkan di Canberra di bawah aturan hukum yang baru diloloskan parlemen daerah setempat.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (25/9/2019), legalisasi itu diatur dalam sebuah rancangan undang-undang (RUU) yang baru diloloskan para anggota parlemen di Australian Capital Territory (ACT) pada Rabu (25/9) waktu setempat.

UU itu mengizinkan orang-orang yang berusia 18 tahun ke atas untuk memiliki ganja seberat 50 gram per orang dan memiliki maksimum empat tanaman ganja per rumah untuk konsumsi pribadi.


Diloloskannya UU ini menjadikan ACT yang menjadi lokasi ibu kota Canberra sebagai negara bagian pertama -- dari enam negara bagian dan dua wilayah utama -- di Australia yang melegalkan ganja untuk konsumsi pribadi.

Aturan hukum baru ini akan mulai diberlakukan secara resmi pada 31 Januari 2020 mendatang.

Sementara itu diketahui bahwa ganja masih ditetapkan sebagai bahan terlarang di bawah aturan hukum federal Australia. Aturan hukum yang baru ini bentrok dengan aturan hukum nasional soal narkoba yang diberlakukan oleh parlemen federal Australia, yang isinya melarang kepemilikan ganja.


Selain Australia, negara tetangganya, Selandia Baru, akan menggelar referendum soal legalisasi ganja untuk konsumsi pribadi tahun depan.
(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com