detikNews
2019/09/20 18:09:41 WIB

Rusia Penjarakan 6 Anggota Saksi Yehuwa

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Rusia Penjarakan 6 Anggota Saksi Yehuwa Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Moskow - Otoritas Rusia memenjarakan enam anggota Saksi Yehuwa seiring Moskow terus melakukan operasi pemberantasan gerakan keagamaan tersebut.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (20/9/2019), dalam sidang putusan yang digelar pada Kamis (19/9) waktu setempat, enam orang tersebut dijatuhi vonis penjara antara dua tahun dan tiga setengah tahun.

Diketahui bahwa pemerintah Rusia melarang Saksi Yehuwa pada tahun 2017, menetapkan kelompok tersebut sebagai organisasi ekstremis. Sebelumnya baru satu anggota Saksi Yehuwa yang dipenjara di Rusia sejak otoritas melarang kelompok tersebut.


Pihak Saksi Yehuwa menyatakan dalam sebuah statemen, bahwa dalam persidangan di kota Saratov, Rusia barat pada Kamis (19/9) waktu setempat, hakim menjatuhkan hukuman penjara tiga tahun enam bulan pada dua anggota gerakan tersebut, vonis penjara tiga tahun untuk seorang anggota dan sisanya mendapat hukuman dua tahun penjara.

"Seluruh logika tuduhan itu didasarkan pada tesis spekulatif bahwa iman kepada Tuhan adalah 'kelanjutan dari kegiatan organisasi ekstremis'," cetus juru bicara Saksi Yehuwa, Jarrod Lopes seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (20/9/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com