detikNews
2019/09/20 10:29:18 WIB

Jet Tempur F-16 Jatuh di Prancis, Pilot Nyangkut di Kabel Listrik

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jet Tempur F-16 Jatuh di Prancis, Pilot Nyangkut di Kabel Listrik Ilustrasi -- Jet tempur F-16 milik Belgia (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert, File)
Paris - Sebuah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Belgia jatuh di wilayah Prancis sebelah barat. Dua pilot yang ada di dalam jet tempur itu selamat, namun salah satunya terjebak di kabel listrik tegangan tinggi.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Jumat (20/9/2019), Angkatan Udara Belgia dalam pernyataannya menyebut bahwa kedua pilot sempat melontarkan diri keluar sebelum jet tempur terjatuh di dekat Lorient, Prancis, pada Kamis (19/9) waktu setempat.


Salah satu pilot jet tempur kemudian terjebak selama dua jam setelah parasutnya nyangkut di salah satu kabel tegangan tinggi. Pilot itu telah diselamatkan oleh otoritas darurat setempat, setelah aliran listrik di area tersebut dimatikan sementara.

"Pilot dan kopilot berhasil melontarkan diri mereka dari tempat duduk mereka sebelum jet jatuh. Salah satu pilot dirawat oleh petugas darurat dan satu pilot lainnya mendapati parasutnya tersangkut pada kabel tegangan tinggi," sebut juru bicara kepolisian setempat kepada CNN.

Otoritas Prancis memblokir ruas jalan ke lokasi jatuhnya F-16Otoritas Prancis memblokir ruas jalan ke lokasi jatuhnya F-16 Foto: AP Photo/David Vincent

Jatuhnya jet tempur F-16 ini memicu kerusakan sebuah rumah warga dan sempat memicu kebakaran. Namun tidak ada korban luka maupun korban jiwa di daratan. Kedua pilot jet tempur itu dilaporkan hanya mengalami luka ringan.

Salah satu sayap jet tempur itu dilaporkan menembus atap dan bagian depan rumah warga di kota Pluvigner, Britanny, sebelum jet tempur itu jatuh ke sebuah lahan peternakan setempat. Rumah di sekitar lokasi terpaksa dievakuasi usai kecelakaan terjadi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com