detikNews
2019/09/19 08:33:28 WIB

YouTuber Belanda dan Temannya Ditangkap Polisi AS Saat Dekati Area 51

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
YouTuber Belanda dan Temannya Ditangkap Polisi AS Saat Dekati Area 51 Govert Charles Wilhemus Jacob Sweep (kiri) dan Ties Granzier (kanan) ditangkap setelah ketahuan mendekati Area 51 di AS (Nye County Sheriff's Office via CNN)
Nevada - Seorang YouTuber asal Belanda dan satu temannya ditangkap di Amerika Serikat (AS) setelah berusaha mendekati Area 51. Oleh beberapa pihak, Area 51 yang merupakan fasilitas militer AS di Nevada itu menjadi pusat konspirasi bagi dugaan pemerintah AS menyembunyikan bukti keberadaan alien dan UFO.

Kantor Sheriff Nye County dalam pernyataannya, seperti dilansir CNN, Kamis (19/9/2019), menyatakan Ties Granzier (20) dan Govert Charles Wilhelmus Jacob Sweep (21) ditangkap setelah memasuki Nevada National Security Site sejauh 3 mil atau 4,8 Km.

Ganzier dan Sweep yang sama-sama berasal dari Belanda dilaporkan hendak menengok Area 51 yang misterius sebelum mereka meninggalkan AS. Namun, aksi nekat ini membuat keduanya dijebloskan ke penjara Nevada.


Diketahui bahwa Nevada National Security Site terletak dekat dengan Area 51. Beberapa waktu terakhir, seseorang membuat halaman Facebook yang secara khusus mencari orang-orang untuk menyerbu Area 51 pada Jumat (19/9) pekan ini.

Dalam keterangannya, Granzier dan Sweep mengakui mereka sama sekali tidak berniat ikut serta dalam aksi tersebut. "Kami tidak punya niat untuk menyerbunya karena kami akan pulang sehari sebelum tanggal penyerbuan itu dan kami hanya ingin... pergi ke sana," ucap Sweep kepada media lokal KTNV, afiliasi CNN.

Ditegaskan Sweep bahwa dirinya dan Granzier hanya ingin melihat langsung Area 51 yang ramai dibahas di media sosial beberapa waktu terakhir.

Papan peringatan di dekat Area 51 yang melarang publik untuk mendekatPapan peringatan di dekat Area 51 yang melarang publik untuk mendekat Foto: Getty Images

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com