detikNews
Kamis 19 September 2019, 05:16 WIB

Pendeta Ortodoks Rusia Siram 70 Liter Air Suci Lewat Udara

Zunita Putri - detikNews
Pendeta Ortodoks Rusia Siram 70 Liter Air Suci Lewat Udara Foto: ABC news
Jakarta -
Pendeta Ortodoks Rusia di Tver, Rusia bagian tengah, menyiramkan 70 liter air suci melalui pesawat. Hal ini bertujuan agar warga sekitar terbebas dari 'mabuk dan zina'.

Para pendeta membawa 70 liter atau sekitar 18 galon air suci ke dalam pesawat. Saat pesawat mencapai ketinggian 200 hingga 300 meter pemberkatan mulai dilakukan. Sebelum menyiramkan air suci, para pendeta membacakan doa.

Pastor Alexander, salah seorang pendeta, mengatakan ritual itu dirancang untuk menghentikan penggunaan alkohol, narkoba, dan menghentikan zina di kota itu. Menurutnya, ketiga perbuatan itu adalah penyakit yang bisa disembuhkan.

"Setiap penyakit berasal dari virus, dan virus adalah setan. Karena itu, penyakit apa pun pada dasarnya adalah penyakit spiritual," kata Alexander dilansir dari ABC News, Kamis (19/9/2019).

Pria Mengangkut Air Suci yang Hendak Disiram Lewat UdaraPria Mengangkut Air Suci yang Hendak Disiram Lewat Udara Foto: ABC news


Mereka meyakini aksi ini bisa memberikan ketenangan di Rusia. Seperti diketahui, Rusia ini terkenal sangat menyukai minuman alkohol berjenis vodka.

Statistik Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan kampanye anti-alkoholisme telah membantu mengurangi konsumsi alkohol Rusia sejak 2005 semakin menurun, yang tadinya 15,8 liter atau sekitar 4 galon per orang, pada 2016 turun menjadi 11,7 liter atau 3 galon per orang.


(zap/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com