Perkuat Militer di Kutub Utara, Rusia Tebar Rudal S-400

Perkuat Militer di Kutub Utara, Rusia Tebar Rudal S-400

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Sep 2019 02:12 WIB
Salah satu bagian dari sistem pertahanan S-400 Rusia (Foto: Reuters)
Salah satu bagian dari sistem pertahanan S-400 Rusia (Foto: Reuters)
Moskow - Rusia telah menempatkan sistem pertahanan rudal S-400 di Kepulauan Novaya Zemlya, Kutub Utara. Penempatan itu bersamaan dengan Moskow yang tengah berupaya meningkatkan kehadiran militernya di Kutub Utara.

Dilansir Reuters, Senin (16/9/2019), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan resimen angkatan laut Armada Utara Rusia yang berbasis di Pulau Yuzhny, juga telah sepenuhnya dilengkapi dengan sistem S-400 baru. Sebelumnya resimen itu dipersenjatai dengan sistem S-300.



S-400 adalah salah satu sistem pertahanan rudal paling canggih di dunia dan dapat mencapai target musuh hingga 400 kilometer. Selama beberapa tahun terakhir Rusia secara signifikan meningkatkan infrastruktur militernya di Kutub Utara.

Selain menambah pasukan di Novaya Zemlya, Rusia juga telah menempatkan pasukan di Tanah Franz Josef, Kepulauan Siberia Baru, dan beberapa tempat lainnya. Rusia semakin menegaskan dirinya sebagai negara Arktik, memproklamirkan kawasan itu sebagai prioritas utama karena kekayaan mineral dan kepentingan strategisnya. (mae/mae)