Boko Haram Serang Kamp Militer Nigeria

Boko Haram Serang Kamp Militer Nigeria

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Sep 2019 01:15 WIB
Bekas serangan Boko Haram di Nigeria (Foto: REUTERS/Kolawole Adewale)
Bekas serangan Boko Haram di Nigeria (Foto: REUTERS/Kolawole Adewale)
Abuja - Pejuang Boko Haram melakukan serangan senjata dan bunuh diri di sebuah kamp militer di luar Universitas Maiduguri, Nigeria. Serangan itu memaksa tentara untuk mundur sebelum seorang pembom meledakkan diri.

Serangan itu terjadi pada pukul 20.30 waktu setempat, Minggu (15/9) malam. Tak ada mahasiswa maupun tentara yang terluka dalam serangan itu.



"Kami mengevakuasi sisa-sisa pembom bunuh diri yang meledakkan dirinya di dalam penginapan yang digunakan oleh tentara menjaga parameter belakang universitas," kata Kepala Petugas Keamanan untuk Layanan Darurat Negara Borno, Bello Dambatta, dikutip dari AFP, Senin (16/9/2019).

"Untungnya tidak ada prajurit yang terluka dalam serangan itu karena tidak ada tentara di dalam gedung pada saat itu," imbuh dia.

Para tentara juga telah membentengi universitas untuk menghalau serangan Boko Haram. Atas kejadian itu, para mahasiswa Universitas Maiduguri pun berbondong-bondong menyelamatkan diri dari serangan tersebut. Mereka kemudian kembali ke asrama mereka setelah suara tembakan berhenti.

"Semua orang kehabisan hostel, mengira universitas sedang diserang karena suara dan ledakannya sangat dekat," kata mahasiswa Rebecca Simon.



Boko Haram, yang menentang pendidikan Barat, terkenal karena menyerang sekolah-sekolah umum serta masjid, tempat parkir dan pasar. Namun, sebuah faksi kelompok jihadis yang berafiliasi dengan IS berfokus pada sasaran militer.

Pada Februari tahun lalu, para pemberontak melakukan serangan bunuh diri yang gagal di kampus Maiduguri yang menewaskan pembom. Konflik itu telah menewaskan 35.000 orang dan menelantarkan sekitar dua juta lainnya di Nigeria dalam dekade terakhir. (mae/mae)