Badai Tropis Humberto Terjang Bahama

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Sep 2019 22:00 WIB
Sisa-sisa kerusakan pasca-badai Dorian di Bahama. Kini, Bahama diterjang badai Humberto. (Foto: REUTERS/Loren Elliott)
Nassau - Negara Bahama kembali diterjang badai. Setelah badai Dorian, Bahama diterjang badai tropis Humberto.

Dilansir Reuters, badai ini diperkirakan akan meninggalkan Bahama pada Sabtu Sabtu (14/9/2019) malam dan kemudian akan bergerak di lepas pantai timur Florida dan masuk ke Samudera Atlantik sampai awal minggu depan.

Humberto memiliki kecepatan angin sekitar 65 km/jam dengan hembusan lebih tinggi, dan diperkirakan akan menjadi badai pada Minggu malam, kata NHC yang berbasis di Miami, Sabtu.


Peramal cuaca mengatakan bahwa hujan itu dapat turun hingga 15,24 cm di beberapa daerah, tetapi hal itu diperkirakan tidak akan menghasilkan gelombang badai signifikan di Bahama barat laut, yang dipukul awal bulan ini oleh Hurricane Dorian.

Namun, Humberto dapat menghambat upaya bantuan di daerah di mana ribuan bangunan diratakan dan 70.000 orang dibiarkan membutuhkan tempat berlindung, makanan, air, dan bantuan medis.

Sebelum diterjang Humberto, Dorian menghantam Bahama pada 1 September sebagai badai Kategori 5. Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis mengatakan jumlah korban tewas resmi dari Dorian adalah 50 tetapi diperkirakan akan meningkat. (dkp/lir)