Peringatan Tragedi 9/11, Sekolah-sekolah di New York Wajib Heningkan Cipta

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 11 Sep 2019 18:51 WIB
Ilustrasi -- Memorial 9/11 di New York AS (REUTERS/Brendan McDermid)
New York - Gubernur New York, Andrew Cuomo menandatangani aturan hukum baru yang mewajibkan sekolah-sekolah umum di seluruh wilayah negara bagian New York, Amerika Serikat (AS), untuk mengheningkan cipta sejenak saat peringatan tragedi 11 September atau 9/11 setiap tahunnya.

Seperti dilansir CNN, Rabu (11/9/2019), kantor Cuomo dalam pernyataannya menyebut aturan baru itu bertujuan untuk 'mendorong dialog dan pendidikan di dalam ruang kelas'. Di sisi lain, aturan itu juga untuk memastikan generasi mendatang benar-benar memahami soal serangan teroris tahun 2001 yang merenggut lebih dari 3 ribu orang, serta posisinya dalam sejarah.

"Serangan 9/11 merupakan salah satu periode terkelam dalam sejarah negara bagian ini dan negara ini, dan kita berutang pada orang-orang yang terenggut nyawanya dan pada para pahlawan yang tak terhitung jumlahnya yang berlari menuju bahaya pada hari itu dan beberapa hari sesudahnya, untuk melakukan semua hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kenangan mereka tetap hidup," ucap Cuomo dalam pernyataannya.


"Dengan menetapkan hari peringatan tahunan dan momen mengheningkan cipta sejenak di sekolah-sekolah umum, kita akan membantu memastikan kita tidak akan pernah lupa -- tidak hanya rasa sakit saat itu tapi juga keberanian, pengorbanan dan curahan cinta yang menggambarkan respons kita," imbuhnya.

Aturan hukum baru itu disponsori oleh Senator New York, Joseph P Addabbo, Jr dan anggota dewan setempat, Stacey Pheffer Amato. Aturan ini ditandatangani pada Senin (9/9) waktu setempat dan akan diberlakukan segera.

Dalam pernyataannya, Addabbo dan Amato ingin memastikan, baik korban maupun orang-orang yang gugur saat membantu para korban tragedi 9/11, tidak akan dilupakan.

"Rata-rata anak-anak usia sekolah di New York yang tidak memiliki kenangan pribadi soal peristiwa ini, belum lahir sebelum tahun 2001, yang menjadikannya sangat penting agar sistem pendidikan umum kita mengambil kesempatan untuk mendidik para siswa baik soal kehilangan maupun kepahlawanan saat 9/11," sebut Addabbo.

"Dengan mewajibkan momen mengheningkan cipta sejenak setiap tahun, kita ingin memastikan generasi mendatang akan memahami lebih baik soal hari ini dan pentingnya dalam sejarah kita," ucap Amato.

(nvc/ita)