detikNews
2019/09/10 12:18:38 WIB

Trump Umumkan Perundingan Damai dengan Taliban Sudah Mati

Rita Uli Hutapea - detikNews
Halaman 1 dari 2
Trump Umumkan Perundingan Damai dengan Taliban Sudah Mati Presiden AS Donald Trump (Foto: Photo by MANDEL NGAN / AFP)
Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa perundingan damai dengan Taliban sudah mati. Pengumuman ini disampaikan Trump setelah membatalkan pertemuan rahasia dan perundingan damai dengan kelompok militan Afghanistan tersebut.

"Itu (perundingan) mati. Sejauh yang saya tahu, itu sudah mati," kata Trump di Gedung Putih mengenai upaya sejak lama untuk mencapai kesepakatan dengan Taliban setelah berperang selama 18 tahun.

Pengumuman ini disampaikan menyusul pembatalan dramatis rencana rahasia untuk menerbangkan para pemimpin Taliban guna melakukan pembicaraan langsung di tempat peristirahatan kepresidenan Camp David di pinggiran Washington.


Trump mengatakan, usai pembatalan perundingan damai itu, militer AS melancarkan serangan paling ganasnya terhadap Taliban dalam satu dekade terakhir. Trump menyatakan pembatalan perundingan damai tersebut sebagai balasan atas pembunuhan seorang tentara AS oleh Taliban dalam serangan bom di Kabul pekan lalu.

"Dalam empat hari terakhir, kita telah menyerang musuh kita lebih keras daripada kapanpun dalam sepuluh tahun terakhir," demikian cuitan Trump di Twitter seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (10/9/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com