detikNews
Senin 09 September 2019, 05:05 WIB

2 Orang Tewas Saat Hadiri 'Penyembuhan Iman' di Sri Lanka

Zunita Putri - detikNews
2 Orang Tewas Saat Hadiri Penyembuhan Iman di Sri Lanka Foto: Ilustrasi (Jorge Silva/Reuters)
Jakarta - Dua orang meninggal dunia karena kelelahan akibat kepanasan. Dua orang itu meninggal saat menghadiri 'penyembuhan iman' terbuka di timur laut Sri Lanka.

Dilansir dari AFP, Senin (9/9/2019), acara 'penyembuhan iman' itu diikuti oleh 10.000 orang, mereka yang hadir di antaranya sakit parah. Mereka berkumpul di sebuah sekolah untuk mendengarkan seorang pria yang mengaku dapat menggunakan 'kekuatan para dewa dan Buddha' untuk menyembuhkan orang sakit.



Polisi di Kota Horowupotana, 260 kilometer (162 mil) timur laut Kolombo mengatakan 18 orang dilarikan ke rumah sakit. 13 orang diantaranya dalam kondisi kritis.

Para pejabat rumah sakit setempat mengatakan, dua yang meninggal menderita kelelahan karena panas. Sementara yang lain dirawat karena dehidrasi akibat dari suhu yang melonjak hingga sekitar 37 derajat Celcius (98,6 derajat Fahrenheit) di daerah itu akhir pekan ini.



Sementara itu, Penyembuh iman, Deegoda Kumara, dalam akun YouTube-nya menyangkal telah menyebabkan kematian. Bahkan, Kumara menuduh media setempat menyebabkan keresahan dengan menyebarkan ketidakpercayaan tentang pekerjaannya.

Dalam satu video yang diunggahnya, Kumara juga mengklaim telah menghidupkan kembali korban kecelakaan di jalan yang mengalami koma di rumah sakit California. Dia mengatakan dia memberkati korban setelah berbicara dengan kerabatnya di telepon.



Simak video Polisi Sri Lanka Rilis Foto Pelaku Bom Paskah:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com