detikNews
Selasa 03 September 2019, 19:01 WIB

Kedubes Korsel di Jepang Terima Surat Ancaman 'Berburu Orang Korea'

Novi Christiastuti - detikNews
Kedubes Korsel di Jepang Terima Surat Ancaman Berburu Orang Korea Ilustrasi (REUTERS/Toru Hanai/File Photo)
Tokyo - Sebuah surat berisi ancaman dikirimkan ke kantor Kedutaan Besar Korea Selatan (Korsel) di Jepang. Ancaman dalam surat yang juga menyertakan sebutir peluru itu, menyatakan setiap warga Korea di Jepang akan diburu dengan senjata api.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (3/9/2019), surat ancaman ini dikirimkan di tengah semakin memburuknya hubungan antara Korsel dan Jepang yang saling bertetangga ini. Pengirim surat ancaman ini masih misterius.

Diketahui bahwa selama ini hubungan kedua negara selalu dibayangi oleh kolonisasi Semenanjung Korea pada tahun 1910-1945 silam. Baru-baru ini, ketegangan di antara kedua negara semakin memburuk yang dipicu pertikaian soal pekerja paksa Korea yang meluas ke sektor perdagangan dan keamanan saat bulan lalu, otoritas Korsel mencabut pakta saling berbagai informasi intelijen dengan Jepang.

"Saya memiliki sebuah senapan dan saya berburu orang Korea," demikian bunyi surat ancaman tersebut.


Laporan kantor berita Kyodo News menyebut surat itu dikirimkan ke kantor Kedubes Korsel di Tokyo pekan lalu. Kyodo News juga melaporkan bahwa surat ancaman itu berisi sebutir peluru dan menyatakan pihak kepolisian masih menyelidikinya.

Saat dimintai komentar secara langsung, Kepolisian Tokyo enggan memberikan tanggapan. Salah satu staf pada Kedutaan Korsel mengonfirmasi bahwa surat semacam itu memang dikirimkan ke kantor mereka, namun staf itu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Ketegangan di antara Korsel dan Jepang meluas hingga ke sektor travel dan budaya, dengan salah satu maskapai Jepang mengumumkan pekan lalu akan menangguhkan beberapa penerbangan menuju Korsel.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com