AS Tangkap Pemuda 19 Tahun yang Rencanakan Serangan Atas Nama ISIS

AS Tangkap Pemuda 19 Tahun yang Rencanakan Serangan Atas Nama ISIS

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 18:17 WIB
Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
Ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)
New York - Seorang pemuda berusia 19 tahun di New York City, Amerika Serikat (AS) ditangkap karena merencanakan serangan pisau atas nama Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Pemuda ini bahkan berniat merekam aksinya dalam video dengan harapan bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan serangan serupa.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (31/8/2019), pemuda bernama Awais Chudhary ini ditangkap Kamis (29/8) waktu setempat, saat hendak mengambil pisau taktis, masker dan cellphone rigging -- semacam penyangga telepon genggam -- yang dibelinya secara online.

Otoritas setempat menyebut rencana yang disusun Chudhary bergerak cepat menuju ke arah eksekusi atau pelaksanaan serangan. "Penangkapan ini hampir pasti menyelamatkan banyak nyawa," sebut Komisioner Polisi James O'Neill dari Kepolisian New York (NYPD).


Chudhary yang merupakan warga naturalisasi AS ini lahir di Pakistan dan tinggal di Queens, New York. Dia telah dihadirkan ke persidangan pada Jumat (30/8) waktu setempat dan diperintahkan untuk dipenjara tanpa jaminan, sementara penyelidikan terhadap kasusnya terus berproses.

Oleh otoritas AS, Chudhary dijerat dakwaan berupaya memberikan dukungan material untuk organisasi teroris. Dia terancam hukuman maksimum 20 tahun penjara jika terbukti bersalah. Persidangan kasus Chudhary akan kembali dilanjutkan pada 13 September mendatang.

Dituturkan NYPD dalam pernyataannya bahwa Chudhary merencanakan serangan bergaya 'lone wolf' di area Flushing Bay Promenade, yang terletak dekat World's Fair Marina dan Bandara LaGuardia, New York.
Selanjutnya
Halaman
1 2