Meksiko Temukan Nyaris 5 Ribu Mayat di Ribuan Kuburan Tanpa Nama

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 16:56 WIB
Polisi dan penyidik forensik Meksiko memeriksa salah satu kuburan tanpa nama di Guerrero (AFP Photo/YURI CORTEZ)
Mexico City - Nyaris 5 ribu jasad manusia ditemukan terkubur di lebih dari 3 ribu kuburan tanpa nama di berbagai wilayah Meksiko sejak tahun 2006. Diduga jasad-jasad itu merupakan korban dari geng kriminal dan narkoba yang marak di Meksiko.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (31/8/2019), Meksiko dilanda serangkaian aksi kekerasan sejak militer Meksiko dikerahkan untuk memerangi sindikat penyelundup narkoba dalam operasi yang bernama 'perang narkoba' tahun 2006 lalu. Sekitar 40 ribu orang dilaporkan hilang di Meksiko sejak saat itu.

Laporan menyeluruh dari pemerintah Meksiko yang dirilis pekan ini menjadi momen pertama bagi otoritas setempat untuk melakukan survei nasional untuk mencari tahu ada berapa jumlah korban yang dikuburkan dalam kuburan tanpa nama.


Dituturkan Kepala Komisi Nasional untuk Pencarian Orang Hilang, Karla Quintana, dalam konferensi pers bahwa timnya menemukan 3.024 kuburan tanpa nama di berbagai wilayah Meksiko. Dari ribuan kuburan itu, lanjut Quintana, ditemukan sedikitnya 4.974 jasad.

"Ini merupakan pertama kalinya pemerintah federal mengakui sejumlah kuburan tanpa penanda (dan nama)," sebut Quintana dalam konferensi pers yang juga dihadiri Presiden Meksiko Manuel Lopez Obrador dan digelar pada Hari Internasional untuk Orang Hilang yang jatuh pada Jumat (30/8) kemarin.

"Namun demikian, ini bukan soal jumlah. Ini merupakan orang-orang yang hilang dan dicari oleh keluarga tercinta mereka," imbuhnya.


Wakil Menteri Urusan HAM Meksiko, Alejandro Encinas, menyatakan bahwa otoritas setempat meyakini sebagian besar korban yang dikubur di kuburan tanpa nama itu, tewas dibunuh geng-geng kriminal, yang terkadang berkolusi dengan pejabat lokal yang korup.
Selanjutnya
Halaman
1 2