Iran Sudah 3 Kali Gagal Luncurkan Satelit Sepanjang Tahun Ini

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 13:29 WIB
Citra satelit tunjukkan roket Iran meledak di landasan peluncuran (Satellite image ©2019 Maxar Technologies via AP)

Disebutkan Schmerler bahwa bekas hangus pada landasan peluncuran itu mengindikasikan roket berhasil diluncurkan dengan sukses.

Namun otoritas Iran tidak memberi pengumuman maupun pernyataan resmi kepada publik terkait aktivitas peluncuran itu. Schmerler dan beberapa pakar lainnya meyakini ada yang tidak beres dalam peluncuran itu. "Tampaknya roket itu berhasil naik dan mungkin gagal untuk membawa satelit ke orbit," sebutnya.

Kegagalan ketiga terjadi pada Kamis (29/8) waktu setempat, saat Iran kembali berupaya meluncurkan sebuah satelit dari landasan peluncuran di Pusat Luar Angkasa Imam Khomeini. Peluncuran tetap digelar meskipun ada peringatan AS agar Iran menghindari aktivitas semacam itu.

Citra satelit tunjukkan roket Iran meledak di landasan peluncuranCitra satelit pada 29 Agustus menunjukkan roket Iran meledak di landasan peluncuran Foto: Planet Labs Inc, Middlebury Institute of International Studies via AP

Peluncuran ini berujung kegagalan setelah roket yang mendorong satelit itu meledak saat masih ada di landasan peluncuran. Seorang pejabat Iran menyebut insiden ini dipicu oleh masalah teknis, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

"Insiden terjadi karena sejumlah masalah teknis dan roket meledak, tapi para ilmuwan-ilmuwan muda kami sedang berupaya memperbaiki masalahnya," tutur seorang pejabat Iran yang enggan disebut namanya kepada Reuters.

Secara terpisah, seorang pejabat AS yang juga merahasiakan namanya, menyebut Iran telah gagal meluncurkan sebuah satelit pekan ini. Citra satelit yang juga dirilis oleh Planet Labs Inc. menunjukkan kepulan asap pekat membubung di atas landasan peluncuran satelit tersebut.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3