detikNews
Jumat 30 Agustus 2019, 11:02 WIB

Abaikan Peringatan AS, Iran Luncurkan Satelit Tapi Gagal

Novi Christiastuti - detikNews
Abaikan Peringatan AS, Iran Luncurkan Satelit Tapi Gagal Citra satelit tunjukkan roket Iran meledak di landasan peluncuran (Satellite image ©2019 Maxar Technologies/Handout via REUTERS)
Teheran - Peluncuran satelit yang dilakukan Iran berujung kegagalan. Roket yang mendorong satelit tersebut meledak saat masih berada di landasan peluncuran.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (30/8/2019), peluncuran satelit ini dijadwalkan digelar di Pusat Luar Angkasa Imam Khomeini yang ada di Iran bagian utara pada Kamis (29/8) waktu setempat. Peluncuran tetap digelar Iran meskipun ada peringatan Amerika Serikat (AS) agar Iran menghindari aktivitas semacam itu.

Insiden meledaknya roket yang membawa satelit Iran itu terjadi sebelum peluncuran digelar. Penyebab meledaknya roket ini belum diketahui pasti.

"Insiden terjadi karena sejumlah masalah teknis dan roket meledak, tapi para ilmuwan-ilmuwan muda kami sedang berupaya memperbaiki masalahnya," tutur seorang pejabat Iran yang enggan disebut namanya kepada Reuters.


Secara terpisah, seorang pejabat AS yang juga merahasiakan namanya, menyebut Iran telah gagal dalam meluncurkan sebuah satelit.

Diketahui bahwa AS yang merupakan musuh Iran sejak lama, mengkhawatirkan bahwa teknologi balistik jarak jauh yang dipakai dalam peluncuran satelit ke orbit juga bisa digunakan dalam aktivitas peluncuran hulu ledak nuklir. Iran telah membantah tuduhan AS bahwa aktivitas peluncuran rudal yang dilakukannya merupakan kedok untuk pengembangan rudal balistik.

Citra satelit tunjukkan roket Iran meledak di landasan peluncuranCitra satelit tunjukkan roket Iran meledak di landasan peluncuran Foto: Satellite image ©2019 Maxar Technologies/Handout via REUTERS

Citra satelit yang dirilis oleh Planet Labs Inc. menunjukkan kepulan asap pekat membubung di atas landasan peluncuran satelit tersebut.

Diketahui bahwa pada Januari lalu, Iran melakukan aktivitas peluncuran satelit yang juga gagal. Saat itu, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Iran, Mohammad Javad Azari-Jahromi, menyebut Iran akan meluncurkan tiga satelit ke orbit pada Maret meskipun ada tekanan dari AS.


Pada pertengahan Agustus, Azari-Jahromi menyebut Iran sedang bersiap untuk meluncurkan satelit telekomunikasi buatan domestik yang bernama Nahid 1.

Iran diketahui meluncurkan satelit pertamanya yang bernama Omid tahun 2009 lalu dan satelit Rasad pada Juni 2011. Tahun 2012, Iran mengklaim sukses meluncurkan satelit domestik ketiga bernama Navid.




Tonton juga video Militer China Tertangkap Kamera Satelit Mendekati Hong Kong:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com