detikNews
2019/08/30 05:15:59 WIB

Trump Umumkan Pembentukan Komando Militer AS Untuk Peperangan Luar Angkasa

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Halaman 1 dari 2
Trump Umumkan Pembentukan Komando Militer AS Untuk Peperangan Luar Angkasa Foto: Donald Trump (Ian Langsdon, Pool via AP).
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara resmi meluncurkan komando militer AS yang baru dan didedikasikan untuk peperangan luar angkasa.

Dilansir dari AFP, Jumat (30/8/2019), komando militer AS untuk luar angkasa ini diluncurkan ketika para pemimpin militer AS melihat China dan Rusia melakukan tekanan keras untuk mengikis keuntungan AS di perbatasan militer terbaru.

"Ini adalah hari yang penting, yang mengakui pentingnya ruang bagi keamanan dan pertahanan Amerika," kata Trump dalam upacara peresmian komando militer ruang angkasa AS di Gedung Putih.

"SpaceCom akan memastikan bahwa dominasi Amerika di ruang angkasa tidak pernah terancam," lanjut Trump.

Komando militer AS yang baru ini akan meningkatkan ruang untuk sebagian besar satelit dan pesawat luar angkasa AS untuk perang modern. Komando ini setara dengan Komando Pusat AS yang mengatur Timur Tengah dan Komando Pasifik yang mengelola pertahanan AS di Pasifik Barat dan Asia Tenggara.


Untuk diketahui, Departemen Pertahanan AS telah memiliki unit Angkatan Udara yang berfokus pada perang antariksa. Sementara komando baru ini akan meningkatkan pentingnya pengembangan sistem khusus dan pelatihan untuk pertarungan tipe "Star Wars".
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com