detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 17:37 WIB

Perusahaan Rusia Gugat Boeing untuk Batalkan Pesanan 35 Unit 737 MAX

Novi Christiastuti - detikNews
Perusahaan Rusia Gugat Boeing untuk Batalkan Pesanan 35 Unit 737 MAX Ilustrasi -- Puluhan Boeing 737 MAX yang di-grounded terparkir di kawasan Boeing Field, Seattle, AS (REUTERS/Lindsey Wasson)
Moskow - Sebuah perusahaan penyewaan pesawat di Rusia telah mengonfirmasi bahwa mereka mengajukan gugatan hukum terhadap Boeing untuk membatalkan pesanan 35 unit pesawat jenis 737 MAX. Gugatan hukum semacam ini merupakan yang pertama kali diajukan terhadap Boeing.

Seperti dilansir AFP, Selasa (27/8/2019), Avia Capital Services (ACS), yang merupakan anak perusahaan dari konglomerat milik negara, Rostec, mengonfirmasi kepada AFP soal gugatan hukum itu.

Laporan soal gugatan hukum ini pertama kali dilaporkan Financial Times (FT) yang menyebutnya sebagai gugatan sipil pertama yang diajukan oleh konsumen Boeing terkait pesanan 737 MAX. Diketahui bahwa produksi dan pengantaran Boeing 737 MAX dihentikan usai dua tragedi maut pada Oktober 2018 dan Maret lalu.


Dilaporkan FT bahwa ACS mengajukan gugatan hukum itu di Chicago, Amerika Serikat (AS). Dalam gugatan itu, ACS mengklaim Boeing telah 'secara sengaja' tidak memberitahukan informasi soal kelayakan terbang Boeing 737 MAX kepada konsumen-konsumennya.

Dituduhkan ACS dalam gugatan itu bahwa Boeing telah melakukan kelalaian dalam menjual pesawat yang 'cacat' kepada konsumennya. ACS meminta kompensasi sebesar US$ 115 juta (Rp 1,6 triliun) dan ganti rugi ekstra yang besarannya beberapa kali lipat dari kompensasi.

Boeing 737 MAX masih di-grounded secara global hingga kini, setelah dua tragedi maut yang menimpa Lion Air JT 610 dan Ethiopian Airlines ET 302 yang menewaskan total 346 orang.


Beberapa waktu terakhir, pihak Boeing terus mengupayakan perbaikan software pada sistem pengendalian penerbangan 737 MAX, yang diyakini berkontribusi pada tragedi Lion Air dan Ethiopian Airlines.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com