detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 18:08 WIB

Kabin Dipenuhi Asap, Pesawat Hawaiian Airlines Mendarat Darurat

Novi Christiastuti - detikNews
Kabin Dipenuhi Asap, Pesawat Hawaiian Airlines Mendarat Darurat Ilustrasi (Hawaiian Airlines)
Honolulu - Sebuah pesawat maskapai Hawaiian Airlines terpaksa melakukan pendaratan darurat di Honolulu karena asap memenuhi bagian kabin dan bagasi pesawat. Sedikitnya tujuh orang dilarikan ke rumah sakit usai insiden ini.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (23/8/2019), pesawat jenis Airbus A321neo ini tengah mengudara dari Oakland, California, Amerika Serikat (AS) saat insiden terjadi pada Kamis (22/8) waktu setempat. Pesawat sudah terlambat 20 menit dari jadwal pendaratan saat insiden ini terjadi.

Situasi darurat diumumkan dan pendaratan darurat terpaksa dilakukan di Honolulu, Hawaii setelah kabin dan bagasi pesawat dipenuhi asap.


Tidak ada penjelasan resmi dari pihak maskapai Hawaiian Airlines soal penyebab insiden ini.

Namun laporan media lokal, Hawaii News Now, yang mengutip sumber maskapai, menyebut bagian segel pada mesin bagian kiri tidak berfungsi dan memicu kebocoran minyak ke bagian mesin pesawat yang panas.

Begitu pesawat menyentuh landasan dengan selamat, seluncuran darurat langsung dikerahkan. Sebanyak 191 penumpang dan awak berhasil dievakuasi keluar pesawat dengan selamat.


Dituturkan pihak maskapai Hawaiian Airlines bahwa beberapa penumpang mengalami gejala gangguan inhalasi karena menghirup terlalu banyak asap.

Laporan media lokal lainnya, Honolulu Star-Advertiser, mengutip otoritas pemadam kebakaran di lokasi yang menyebut lima orang dan dua anak-anak dilarikan ke rumah sakit. Namun luka-luka yang diderita tergolong ringan.

Pihak maskapai Hawaiian Airlines menyampaikan permohonan maaf via online kepada para penumpang atas insiden ini.




Tonton Video Detik-detik Pesawat Mendarat Darurat di Pantai Maryland AS:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com