detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 09:16 WIB

3 Benda Mencurigakan Gegerkan New York, Ternyata Rice Cooker Kosong

Novi Christiastuti - detikNews
3 Benda Mencurigakan Gegerkan New York, Ternyata Rice Cooker Kosong Situasi di luar stasiun yang menjadi lokasi temuan benda mencurigakan (AP Photo/Kevin Hagen)
New York - Sedikitnya tiga benda mencurigakan sempat memicu kekhawatiran di New York, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya satu stasiun kereta bawah tanah dievakuasi dan dua layanan kereta bawah tanah dihentikan sementara akibat temuan ini.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (17/8/2019), setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata benda mencurigakan itu hanyalah rice cooker yang tidak ada isinya. Tidak diketahui pasti siapa yang meninggalkan rice cooker itu di area publik.

Kehebohan sempat menyelimuti New York pada Jumat (16/8) waktu setempat, dengan peringatan waspada diberlakukan selama dua jam saat jam-jam sibuk pagi hari.

Alarm pertama diaktifkan sekitar pukul 07.00 waktu setempat, ketika seorang penumpang melihat sebuah benda mencurigakan ditinggalkan begitu saja di stasiun kereta bawah tanah Fulton Street, tepatnya di dekat World Trade Center -- area yang dibangun kembali usai tragedi 11 September 2001.


Benda mencurigakan kedua ditemukan di stasiun yang sama, namun di lokasi berbeda.

Sebagai pencegahan, seisi stasiun pun dievakuasi dengan cepat. Layanan kereta bawah tanah pada dua jalur dihentikan sementara, dengan sejumlah rangkaian kereta pada jalur-jalur lainnya tetap melaju namun melewati stasiun Fulton Street.

Setelah melakukan pemeriksaan, polisi mengumumkan bahwa dua benda mencurigakan itu hanyalah rice cooker kosong yang tidak berbahaya.

Sesaat kemudian, benda mencurigakan ketiga ditemukan di titik 16th Street di distrik Chelsea, sedikit lebih ke utara dari lokasi temuan sebelumnya. Wakil Komisioner untuk Urusan Intelijen dan Kontraterorisme pada Kepolisian New York, John Miller, menyatakan benda ketiga juga rice cooker kosong.


Namun diketahui bahwa pada September 2016 lalu, sebuah panci tekan berisi bom rakitan meledak di distrik Chelsea, New York, hingga melukai 31 orang dan memicu kepanikan yang belum pernah terjadi sejak tragedi 9/11. Ahmad Rahimi yang kelahiran Afghanistan, telah divonis penjara seumur hidup terkait ledakan itu.

Untuk temuan rice cooker kosong di New York kali ini, sebut Miller, rekaman CCTV di lokasi menunjukkan bahwa dua rice cooker di stasiun Fulton Street ditinggalkan oleh satu pria yang sama, yang menggunakan troli untuk mengangkut benda tersebut.

Miller menyatakan otoritas New York tengah memburu pria yang terekam CCTV itu. Identitasnya belum diketahui pasti. Motif di balik aksi ini juga masih samar.

Ditambahkan Miller bahwa pihaknya belum mengetahui apakah rice cooker ketiga berkaitan dengan dua benda lainnya, meskipun ketiganya diketahui memiliki model yang sama.


(nvc/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com