Pria Bersenjata Pisau Ngamuk di Sydney, Seorang Wanita Tewas

Pria Bersenjata Pisau Ngamuk di Sydney, Seorang Wanita Tewas

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 14 Agu 2019 04:49 WIB
Ilustrasi (Foto: detik)
Ilustrasi (Foto: detik)
Sydney - Seorang pria mengamuk dan melakukan penusukan di pusat Kota Sydney. Serangan itu menewaskan seorang wanita dan melukai seorang wanita lain. Polisi menyebut pria itu telah ditahan warga dan menegaskan bahwa ini bukanlah serangan teroris.

Dilansir Reuters, Selasa (13/8/2019), seorang pria berusia 21 tahun yang tidak disebutkan namanya oleh polisi membawa pisau dan dokumen komputer yang berisi informasi tentang serangan mematikan di Amerika Utara dan Selandia Baru. Namun, polisi menambahkan, pria itu tidak bertindak untuk kelompok teroris mana pun dan serangan itu juga tidak diperlakukan sebagai terorisme.

"Pada akhirnya, itu adalah kejahatan yang mengerikan dan dia harus membayarnya," kata Komisioner Polisi Negara Bagian New South Wales, Mick Fuller, kepada wartawan.


Seorang wanita berusia 21 tahun ditemukan tewas di sebuah gedung apartemen dan wanita kedua yang berusia 41 tahun dibawa ke rumah sakit dengan luka tusuk di punggungnya. Polisi mengatakan wanita itu dalam kondisi stabil.

Pihak kepolisian tidak mengatakan bagaimana wanita pertama meninggal. Namun, menurut polisi, pria itu bertanggung jawab atas kedua serangan. Tidak ada pula hubungan yang jelas antara kedua wanita itu.

Polisi sedang menyelidiki sebuah rumah sekitar 32 km (20 mil) barat kota, tempat pria itu tinggal bersama orang tuanya. Menurut Fuller, pria itu ditahan dan diperkirakan akan didakwa dengan pembunuhan, penyerangan, dan, tergantung pada hasil penyelidikan. Ia juga berpotensi melakukan pelanggaran terorisme.

Peristiwa itu sempat menghentikan lalu lintas di pusat kota di kota terbesar di Australia. Gambar dari video di Twitter menunjukkan seorang pria muda berlari melintasi persimpangan dan melompat ke kap mobil, berteriak, dan melambaikan sesuatu yang tampak seperti pisau berbilah panjang.


Dalam video tersebut menunjukkan pria itu jatuh ke tanah ketika mobil bergerak dan dia diadang oleh seseorang yang memegang kursi. Tidak jelas apa yang pria itu teriakkan.

Rekaman lain menunjukkan beberapa orang yang memegang dua kursi dan peti susu menjepit pria itu ke tanah. Perdana Menteri Australia Scott Morrison memuji mereka yang menghentikan si penyerang.

"Si penyerang sekarang berada di tahanan polisi, berkat tindakan berani dari mereka yang ada di tempat kejadian dan mampu... menahannya," kata Morrison.

Seorang wanita yang menjawab telepon di toko sandwich Subway dekat tempat kejadian mengatakan dirinya melihat orang dengan pisau berdarah di sana. "Polisi ada di sini dan mereka memblokir jalan sekarang, jadi kita tidak bisa keluar. Mereka berkata, 'ini adalah TKP, Anda tidak bisa keluar," kata wanita yang menolak menyebutkan namanya itu.

Menteri Kepolisian Negara David Elliott juga memuji orang-orang yang menahan pria itu. "Beginilah bagaimana orang-orang Sydney memberikan respons. Jika Anda ingin bersikap seperti ini, jika Anda ingin mempertaruhkan nyawa dan harta benda, bukan hanya polisi yang akan merespons," ucap Elliot.



Video Detik-detik Pria Tikam Wanita di Sydney Diburu Massa:

[Gambas:Video 20detik]

(azr/tsa)