Masalah Mesin Picu 'Tsunami' di Kolam Renang China, 44 Orang Luka

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 15:03 WIB
Ilustrasi (Thinkstock)
Beijing - Sebuah insiden mengerikan terjadi di sebuah taman rekreasi air (water park) di China. Kolam ombak buatan di taman rekreasi air tersebut mengalami gangguan mesin sehingga memicu ombak raksasa yang menerjang dan membuat puluhan orang luka-luka.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (3/8/2019), insiden ini terjadi di sebuah taman rekreasi air bernama Yulong Shuiyun Water Park yang ada di kota Longjing, Provinsi Jilin, yang dekat perbatasan Korea Utara (Korut).


Rekaman video yang beredar luas di media sosial setempat, Weibo, menunjukkan momen horor saat orang-orang yang sedang asyik berenang dan bermain air di salah satu kolam, tiba-tiba tersapu gelombang raksasa. Kolam yang menjadi lokasi insiden ini memang dilengkapi dengan sistem ombak buatan.

Situasi kolam sangat penuh dengan para pengunjung saat insiden ini terjadi. Pernyataan dari otoritas Longjing menyebut total 44 orang mengalami luka-luka akibat insiden ini.

Masalah mesin picu 'tsunami' di kolam renang ChinaMasalah mesin picu 'tsunami' di kolam renang China Foto: Newsflare via CNN

Sejumlah lembaga pemerintahan, termasuk Departemen Urusan Darurat Kota Longjing, Departemen Budaya dan Pariwisata serta pihak regulator pasar, telah meluncurkan penyelidikan gabungan terhadap insiden ini.

Hasil awal penyelidikan menunjukkan adanya kerusakan pada kotak distribusi daya (power distribution cabinet) yang ada di ruang kendali mesin ombak. Diduga itulah yang menyebabkan kemunculan 'tsunami' di kolam berenang yang dipenuhi para pengunjung.


Pernyataan dari otoritas setempat itu juga menyangkal klaim yang beredar secara online soal insiden ini disebabkan oleh seorang pria mabuk.

"Para pemimpin dari Dewan Kota Longjing dan pemerintahan kota sangat prihatin dengan insiden ini. Semua departemen terkait di kota Longjing telah memerintahkan pihak perusahaan (pengelola taman rekreasi air) untuk menghentikan operasi kolam tsunami," demikian pernyataan otoritas Longjing.

Yulong Shuiyun Water Park diklaim sebagai taman rekreasi air terbesar di Provinsi Jilin, yang menawarkan wahana sungai arung jeram, wahana kincir ria (bianglala) dan kolam spa.

(nvc/jbr)