detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 04:30 WIB

Kapal Mogok dan Terdampar, 15 Imigran Ethiopia Tewas Kelaparan

Indra Komara - detikNews
Kapal Mogok dan Terdampar, 15 Imigran Ethiopia Tewas Kelaparan Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Kapal yang ditumpangi imigran Ethiopia mogok dan terdampar di Teluk Aden selama satu pekan. Akibatnya sebanyak 15 imigran meninggal dunia karena kelaparan.

"Lebih dari 90 migran Ethiopia terdampar di kapal antara Djibouti dan Yaman selama satu pekan tanpa makanan dan air yang menyebabkan kematian setidaknya 15 orang," kata Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), seperti dikutip AFP, Rabu (30/7/2019).

Pernyataan IOM itu disampaikan melalui akun Twitter-nya. IOM menyebut kapal yang hendak menyelundupkan para imigran itu bertujuan dari Djibouti ke Yaman. Salah satu penumpang selamat menyebutkan korban tewas akibat kelaparan hingga kehausan.



"Mereka yang berada di kapal melaporkan bahwa nyawa melayang karena kelaparan, kehausan, dan tenggelam secara sengaja, sementara beberapa orang meninggal di Yaman, karena mereka tidak dapat mencapai ke fasilitas kesehatan tepat waktu," sambung IOM.

IOM mengatakan sedang merawat satu orang yang selamat. Sementara sisanya tidak diketahui keberadaannya. Laporan terbaru, para imigran yang berhasil selamat disebutkan sudah tiba di kota Pelabuhan Yaman, hanya saja tidak diketahui keberadaannya.
(idn/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com