ADVERTISEMENT

Diduga Mabuk, Pilot AS Diturunkan dari Pesawat Saat Akan Lepas Landas

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 31 Jul 2019 19:20 WIB
Ilustrasi (Thinkstock)
Minnesota - Seorang pilot Delta Airlines diturunkan dari pesawat yang hendak lepas landas dan ditangkap di Minnesota, Amerika Serikat (AS), setelah dia dicurigai berada di bawah pengaruh alkohol alias mabuk. Penangkapan dilakukan saat pesawat penuh dengan penumpang.

Seperti dilansir CNN, Rabu (31/7/2019), pilot bernama Gabriel Lyle-Schroeder (37) ini ditangkap di Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul, Minnesota, pada Selasa (30/7) pagi waktu setempat. Dia ditangkap setelah penyelidikan dilakukan oleh polisi bandara terhadap kecurigaan dia sempat mengonsumsi minuman beralkohol.

Juru bicara Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul, Patrick Hogan, menuturkan bahwa sebelum naik pesawat, Schroeder terlihat meninggalkan antrean pemeriksaan TSA (Otoritas Keamanan Transportasi) untuk awak pesawat saat menyadari adanya pemeriksaan tambahan yang sedang digelar.

"Individu itu meninggalkan antrean, yang memicu kecurigaan," sebut Hogan dalam pernyataannya. Ditambahkan Hogan bahwa Schroeder akhirnya kembali lagi ke antrean dan naik ke pesawat.


Otoritas setempat kemudian menemukan sebuah wadah berisi minuman beralkohol di antara barang bawaan Schroeder saat dia ditangkap. Hogan tidak menyebut lebih lanjut jenis minuman beralkohol yang disita dari Schroeder.

Belum ada dakwaan resmi yang dijeratkan terhadap Schroeder. Penyelidikan insiden ini masih berlangsung sembari menunggu hasil pemeriksaan toksikologi, yang menurut Hogan, bisa memakan waktu seminggu.

Schroeder sendiri sempat ditahan sebelum dibebaskan pada hari yang sama. Saat dihubungi CNN via telepon, Schroeder menolak untuk berkomentar.


Dalam pernyataan yang dirilis kepada CNN, juru bicara maskapai Delta Airlines, Kate Modolo, mengonfirmasi bahwa pihaknya tengah bekerja sama dengan otoritas setempat terkait insiden tersebut.

"Kebijakan alkohol Delta (Airlines) ada di antara yang paling tegas di industri ini dan kami tidak mentoleransi pelanggaran. Delta bekerja sama dengan otoritas setempat dalam penyelidikan," tegas Modolo dalam pernyataannya.

Saat Schroeder ditangkap, pesawat dalam kondisi penuh penumpang namun belum meninggalkan gedung terminal bandara. Hogan menambahkan bahwa penerbangan dengan nomor Delta 1728 tujuan San Diego itu mengalami sedikit penundaan akibat insiden ini.

(nvc/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT