detikNews
Jumat 26 Juli 2019, 11:19 WIB

8 Pria Bersenjata Curi Logam Mulia Rp 414 M di Bandara Brasil

Novi Christiastuti - detikNews
8 Pria Bersenjata Curi Logam Mulia Rp 414 M di Bandara Brasil Foto: REUTERS/Benoit Tessier
Brasilia - Delapan pria bersenjata di Brasil menyamar menjadi personel kepolisian federal dan melakukan aksi pencurian di kompleks bandara setempat. Mereka mencuri logam mulia, termasuk emas, dengan berat nyaris mencapai 1 ton dari salah satu gudang di bandara tersebut.

Seperti dilansir AFP, Jumat (26/7/2019), tidak ada tembakan yang dilepaskan ketika para pencuri ini berhadapan dengan para pekerja di dalam sebuah gudang kargo di kompleks Bandara Internasional Guarulhos Sao Paulo. Insiden ini terjadi pada Kamis (25/7) siang, sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

Laporan media Inggris, BBC, menyebut para pencuri itu masuk ke kompleks bandara dengan memakai seragam polisi. Mereka sempat menyandera dua pekerja bandara.


Dituturkan seorang pejabat bandara bahwa para pencuri itu berhasil membawa kabur logam berharga dengan berat total 750 kilogram dari gudang kargo tersebut.

Logam-logam mulia yang dicuri itu, sebut BBC, ditaksir bernilai sedikitnya US$ 30 juta atau setara Rp 414 miliar. Logam-logam berharga itu diketahui akan dibawa ke New York, Amerika Serikat (AS) dan Zurich, Swiss.

Menurut otoritas setempat, para pencuri itu melarikan diri dengan menggunakan kendaraan yang mirip dengan kendaraan milik kepolisian federal. Diduga, mereka menyamarkan truk pikap dengan membuatnya mirip dengan kendaraan resmi Kepolisian Federal Brasil.


Kepolisian setempat masih menyelidiki lebih lanjut kasus ini.

Menurut laporan lainnya, seperti dilansir BBC, para pelaku mungkin telah menculik keluarga seorang pegawai senior di bandara tersebut untuk menggali informasi soal muatan kargo berisi logam mulia itu.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com