Kapal Tenggelam di Lepas Pantai Libya, Lebih dari 100 Migran Hilang

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 26 Jul 2019 01:43 WIB
ilustrasi korban hilang kapal tenggelam- Foto: (Thinkstock)
Tripoli - Lebih dari 100 orang migran hilang di lepas pantai Kota Khoms, Libya. Mereka dinyatakan hilang setelah kapal yang ditumpangi tenggelam.

"Tenggelam itu terjadi di lepas pantai kota Khoms, sekitar 100 kilometer (60 mil) dari Tripoli," kata juru bicara Organisasi Migrasi Internasional di Libya, Safa Msehli, sebagaimana dilansir dari AFP Jumat (26/7/2019).

Dia tak menjelaskan detail kapan tepatnya kapal tersebut tenggelam. Msehli menyebut ada 145 migran yang berhasil diselamatkan oleh penjaga pantai Libya. Para migran yang selamat ini melaporkan terdapat sekitar 150 orang yang masih hilang.



Sementara itu, juru bicara angkatan laut Libya, Jenderal Ayoub Kacem, menyatakan sebanyak 134 orang migran telah diselamatkan. Serta satu orang ditemukan meninggal dunia.

"134 migran diselamatkan dan satu mayat ditemukan, sementara 115 migran lainnya masih hilang" kata Kacem.

Kacem menyebut, kapal kayu tersebut membawa 250 orang. Berdasarkan kesaksian korban selamat, kapal tenggelam sekitar lima mil dari pantai.

"Sebuah kapal kayu yang membawa sekitar 250 orang, termasuk wanita dan anak-anak, tenggelam sekitar lima mil laut dari pantai menurut kesaksian saksi dari para migran yang selamat," kata Kacem.



Kepala badan pengungsi PBB Filippo Grandi menyatakan kejadian tersebut merupakan tragedi Mediterania terburuk pada tahun ini. Menurutnya, keselamatan di laut dan meningkatkan keamanan merupakan hal yang harus dilakukan.

"Mengembalikan penyelamatan di laut, mengakhiri penahanan pengungsi dan migran di Libya, meningkatkan jalur aman dari Libya harus terjadi sekarang, sebelum terlambat bagi banyak orang yang lebih putus asa," kata Grandi. (dwia/haf)