Korban Tewas Ledakan Pabrik Gas di China Jadi 10 Orang, 5 Lainnya Hilang

Korban Tewas Ledakan Pabrik Gas di China Jadi 10 Orang, 5 Lainnya Hilang

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 20 Jul 2019 15:47 WIB
Dampak ledakan dahsyat di pabrik gas di China (STR/AFP)
Dampak ledakan dahsyat di pabrik gas di China (STR/AFP)
Beijing - Korban tewas akibat ledakan dahsyat yang mengguncang pabrik gas di China bertambah menjadi 10 orang. Sekitar lima orang lainnya dilaporkan masih hilang.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (20/7/2019), ledakan yang mengguncang pabrik milik Henan Coal Gas Group di kota Yima, Provinsi Henan pada Jumat (19/7) sore waktu setempat ini merusak kaca jendela pada bangunan-bangunan dalam radius tiga kilometer dari lokasi ledakan.

Laporan televisi nasional CCTV menyebut 19 orang lainnya mengalami luka serius akibat ledakan ini. Para korban luka dilarikan ke empat rumah sakit berbeda.


CCTV juga melaporkan bahwa ledakan terjadi di dalam unit pemisahan udara di kompleks pabrik tersebut. Pemicu ledakan belum diketahui pasti.

Usai ledakan terjadi, seluruh aktivitas produksi di pabrik ini dihentikan.

"Banyak jendela dan pintu dalam radius tiga kilometer hancur, dan beberapa pintu di dalam bangunan juga hancur akibat ledakan," sebut CCTV dalam laporannya.


Insiden mematikan di zona industri semacam ini cukup sering terjadi di China, yang diketahui tidak ada penegakan sepantasnya untuk aturan keselamatan kerja.

Pada Maret lalu, sebuah ledakan dahsyat mengguncang sebuah pabrik kimia di Provinsi Jiangsu hingga menewaskan 78 orang dan melukai ratusan orang lainnya. Satu pekan kemudian, sedikitnya tujuh orang tewas akibat ledakan di pabrik komponen elektronik di provinsi yang sama.



Tonton juga video 21.000 Orang Dievakuasi Akibat Banjir di Ghuanxi:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/jbr)