detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 23:30 WIB

Serang Persembunyian Taliban, 18 Tentara Afghanistan Tewas

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Serang Persembunyian Taliban, 18 Tentara Afghanistan Tewas Militan Taliban (Foto: Internet)
Jakarta - Militan Taliban menewaskan 18 tentara Afghanistan dalam bentrokan distrik Ab Kamari di provinsi Badghis. Bentrokan itu terjadi saat pasukan Afganistan berusaha menangkap seorang pemimpin senior Taliban.

Bentrokan terjadi setelah beberapa tentara diterbangkan ke distrik Ab Kamari di provinsi Badghis barat untuk melakukan serangan pada malam hari. Mereka menargetkan tempat persembunyian Taliban untuk menangkap seorang gubernur distrik yang ditunjuk dari kelompok itu.



Seorang anggota dewan provinsi Badghis, Farid Akhizai, mengatakan Taliban mengepung tentara Afganistan saat pertempuran terjadi. Kelompok itu juga membunuh 18 orang dan menangkap 11 orang tentara Afganistan. Sementara 10 orang lainnya dilaporkan hilang.

"Operasi itu dilakukan untuk menyerang tempat persembunyian yang digunakan oleh beberapa komandan Taliban, tetapi pemberontak telah mengevakuasi daerah itu dua hari sebelumnya," kata Gubernur distrik Ab Kamari, Khudad, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (17/7/2019).



Taliban dalam sebuah pernyataan mengkonfirmasi bahwa mereka telah menerima informasi tentang serangan itu. Mereka mengatakan para pejuang mereka membunuh 39 tentara Afghanistan dan menangkap 16 tentara.

Militan Taliban terus melancarkan serangan besar-besaran terhadap pasukan Afghanistan di tengah dialog dengan Amerika Serikat untuk merundingkan berakhirnya perang selama 18 tahun. Presiden Ashraf Ghani mengatakan pada Januari lalu bahwa lebih dari 45.000 anggota pasukan keamanan telah dibunuh oleh gerilyawan sejak dia menjabat pada September 2014.

Simak Video "Serangan Taliban di Kampanye Pilpres Tewaskan 46 Orang"
[Gambas:Video 20detik]

(abw/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com