detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 18:09 WIB

Pria Muda Ditangkap Usai Panjat Pintu Gerbang Istana Buckingham

Novi Christiastuti - detikNews
Pria Muda Ditangkap Usai Panjat Pintu Gerbang Istana Buckingham Ilustrasi -- Istana Buckingham (Tolga AKMEN/AFP)
London - Seorang pria ditangkap setelah memanjat pintu gerbang Istana Buckingham di Inggris. Sebelum ditangkap, pria ini sempat berkeliaran di halaman istana ternama yang menjadi tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II.

Seperti dilansir AFP, Kamis (11/7/2019), pria berusia 22 tahun yang tidak disebut namanya ini ditangkap pada Rabu (10/7) dini hari, sekitar pukul 02.00 waktu setempat. Penangkapan ini baru diumumkan Kepolisian Inggris pada Kamis (11/7) waktu setempat.

Pria ini kepergok oleh pasukan khusus penjaga Istana Buckingham dan kemudian ditahan oleh polisi Inggris atas dugaan penyusupan.

Saat ditangkap, pria itu tidak membawa senjata apapun. Motif pria itu memanjat gerbang Istana Buckingham dan berkeliaran di halamannya, belum diketahui pasti.


Kepolisian setempat menyatakan insiden ini tidak ditangani sebagai insiden terkait teror.

Media lokal Inggris, The Sun, melaporkan bahwa pria yang menyusup ini sempat berkeliaran di dalam halaman Istana Buckingham selama empat menit, sebelum akhirnya ditangkap.

Dalam pernyataan terpisah, seorang juru bicara Istana Buckingham, mengonfirmasi bahwa Ratu Elizabeth II sedang tinggal di dalam istana itu saat insiden ini terjadi.

Diketahui bahwa Ratu Elizabeth II menggelar rapat mingguan dengan Perdana Menteri (PM) Inggris, Theresa May, di Istana Buckingham pada Rabu (10/7) waktu setempat.


Insiden pelanggaran keamanan semacam ini terjadi beberapa kali di Istana Buckingham selama bertahun-tahun. Insiden paling terkenal terjadi tahun 1982 silam, saat seorang penyusup bernama Michael Fagan berhasil masuk ke dalam kamar pribadi Ratu Elizabeth II saat sang Ratu Inggris itu sedang tidur.

Tahun lalu, seorang pria gelandangan memanjat tembok Istana Buckingham dan tidur semalam di halaman istana, sebelumnya akhirnya ditangkap.



Simak Video "Ratu Elizabeth Cari Admin Sosmed Digaji Rp 556 Juta"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed