detikNews
Senin 01 Juli 2019, 20:48 WIB

India Selidiki Insiden 2 Pesawat Tergelincir di Landasan dalam Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
India Selidiki Insiden 2 Pesawat Tergelincir di Landasan dalam Sehari Ilustrasi (Thinkstock)
New Delhi - Dua insiden berbahaya di India yang melibatkan pesawat komersial yang membawa lebih dari 200 penumpang, tengah diselidiki. Dua pesawat penumpang tergelincir di dua landasan berbeda pada hari yang sama.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/7/2019), insiden pertama yang melibatkan pesawat Air India Express terjadi di Magalore pada Minggu (30/6) malam waktu setempat. Pesawat yang membawa 183 penumpang dari Dubai itu tergelincir di landasan dan berakhir di rerumputan dipenuhi lumpur.

Pesawat itu terjebak di lumpur selama berjam-jam sebelum dievakuasi dengan kendaraan khusus. Untungnya, tidak ada korban luka dalam insiden tersebut.

"Penyelidikan telah diperintahkan untuk mencari tahu insiden tergelincir tersebut," sebut Kepala Operasional Ari India Express, K Shyam Sundar, kepada AFP.


Diketahui bahwa Bandara Mangalore menjadi lokasi tragedi mematikan tahun 2010 saat sebuah pesawat Air India yang terbang dari Dubai, mengalami kecelakaan saat mendarat. Sedikitnya 158 orang tewas dalam tragedi tersebut.

Insiden kedua terjadi di kota Surat yang melibatkan pesawat maskapai swasta, Spice Jet, yang membawa 50 penumpang dan awak. Otoritas setempat menyebut pesawat itu tergelincir di landasan pada Minggu (30/6) waktu setempat.

Disebutkan lebih lanjut oleh Direktur Bandara Surat, Sanjay Kumar Panigrahi, bahwa pesawat tersebut gagal berhenti di titik seharusnya dan berhenti di dalam zona mereka. Panigrahi menyebut pilot pesawat tidak menggunakan rem dengan sempurna karena buruknya jarak pandang akibat hujan deras.

Penyelidikan lebih lanjut tengah dilakukan terhadap insiden ini. Bandara setempat ditutup sementara dan upaya evakuasi tengah dilakukan.


Tidak ada korban luka dalam insiden kedua ini.



Simak Video "100 Orang Tewas Akibat Hujan Ekstrem 70 Jam di Asia Selatan"
[Gambas:Video 20detik]

(nvc/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed