Usai Bertemu di DMZ, Trump Undang Kim Jong Un ke AS

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 30 Jun 2019 18:07 WIB
Donald Trump dan Kim Jong Un (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
Seoul - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku telah mengundang Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un untuk berkunjung ke AS. Undangan itu disampaikannya saat bertemu dengan Kim di Zona Demiliterisasi (DMZ).

"Kapanpun dia mau melakukannya. Saya pikir kami ingin membawa ini ke tingkat selanjutnya, mari kita lihat apa yang akan terjadi," kata Trump dilansir AFP, Minggu (30/6/2019).



Trump mengatakan, usai pertemuannya dengan Kim, pihak AS dan Korut akan melakukan pertemuan lanjutan dalam dua atau tiga minggu ke depan. Pertemuan itu untuk membicarakan program nuklir Pyongyang.

Negosiator dari kedua belah pihak nantinya akan memproses dan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya.



Sebelumnya, Trump bertemu dengan Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korea Utara dengan Korea Selatan. Pertemuan itu sekaligus membuat Trump menjadi Presiden AS yang pertama kali menginjakkan kaki ke tanah Korea Utara.

Trump dan Kim bertemu hari ini, usai Presiden AS itu secara tiba-tiba melempar undangan pertemuan dengan pimpinan Korea Utara itu melalui Twitternya pada Sabtu (29/6) kemarin. Ini merupakan pertemuan ketiga antara Trump dan Kim.

Simak Video "Momen Langka Kim Jong Un Jadi Pembawa Peti Mati Jenderal Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(mae/tsa)