ADVERTISEMENT

Bertemu Kim Jong Un di DMZ, Trump Injakkan Kaki di Wilayah Korut

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 30 Jun 2019 14:47 WIB
Donald Trump dan Kim Jong Un (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
Pyongyang - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali bertemu dengan Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un. Kali ini di Zona Demiliterisasi (DMZ). Pertemuan itu sekaligus membuat Trump menjadi Presiden AS yang pertama kali menginjakkan kakinya ke tanah Korea Utara.

Dilansir AFP, Minggu (30/6/2019), Trump dan Kim bertemu hari ini, usai Presiden AS itu secara tiba-tiba melempar undangan pertemuan dengan pimpinan Korea Utara itu melalui Twitternya pada Sabtu (29/6) kemarin. Trump dan Kim memulai pertemuan dengan berjabat tangan.

Usai jabat tangan di dalam garis perbatasan yang menandai dipisahkannya dua negara Korea itu, momen bersejarah itu terjadi, Trump melangkah ke wilayah Korea Utara. Keduanya pun tampak kembali berjabat tangan.



Trump dan Kim kemudian berjalan ke wilayah Seoul, Korea Selatan secara bersama-sama. Keduanya sempat berhenti sejenak untuk berfoto bersama, dimana mereka lantas bergabung bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

"Ini hari yang hebat bagi dunia dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berada di sini," kata Trump. "Banyak hal besar terjadi."

Trump juga mengatakan bahwa dirinya bangga telah berjalan melintasi perbatasan yang membagi wilayah Korea Utara dan Korea Selatan. Kebanggan itu dia sampaikan secara langsung kepada Kim.

"Saya bangga melangkahi garis itu," katanya ketika mereka duduk untuk berdiskusi setelah berjabat tangan dalam pertemuan yang tergesa-gesa tetapi bersejarah itu.



Sementara, Kim Jong Un mengatakan bahwa hubungannya yang luar biasa dengan Donald Trump akan memungkinkan dua musuh lama untuk mengatasi penghalang, dimana pembicaraan nuklir mereka di jalan buntu.

"Saya yakin hubungan kami akan memungkinkan kami untuk mengatasi hambatan yang menghalangi," kata Kim, seraya menambahkan ketika kedua pemimpin mengadakan pembicaraan di Zona Demiliterisasi bahwa hubungan dekat mereka memungkinkan pertemuan terjadi 'dalam waktu semalam'.

Pertemuan dadakan di DMZ itu datang dengan negosiasi antara Pyongyang dan Washington mengenai persenjataan nuklir Korea Utara yang menemui jalan buntu. Ini merupakan pertemuan ketiga Trump dengan Kim Jong Un.

Simak Video "Detik-detik Rumah Trump Digeledah FBI Cari Dokumen Rahasia"
[Gambas:Video 20detik]
(mae/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT