detikNews
Senin 24 Juni 2019, 00:42 WIB

Partai Oposisi Unggul Sementara di Pemilu Wali Kota Turki

Faiq Hidayat - detikNews
Partai Oposisi Unggul Sementara di Pemilu Wali Kota Turki Ilustrasi pemilu Turki Foto: Dok. Reuters
Istanbul - Pencoblosan ulang pemilihan Wali Kota Istanbul telah menunjukkan, Ekrem Imamoglu memenangkan pemilihan umum. Imamoglu unggul atas lawannya dari Partai Keadlian dan Pembangunan (AK Party) Binali Yildirim,

Dilansir dari Anadolu news agency, Senin (24/6/2019), Imamoglu yang berasal kelompok oposisi dari Partai Rakyat Republik (CHP) memimpin perolehan 53,69% suara. Sedangkan Binali Yildirim berasal dari partai yang sama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapatkan perolehan 45,4% suara. Total suara yang sudah dihitung masuk 95%.

"Menurut hasil sampai sekarang, pesaing saya Ekrem Imamoglu memimpin. Saya mengucapkan selamat kepadanya dan mengucapkan semoga sukses," kata Yildirim.



Untuk diketahui, Binali Yildirim dan Ekrem Imamoglu berlomba untuk menjadi wali kotamadya metropolitan terpadat di Turki itu, setelah pemungutan suara sebelumnya pada 31 Maret 2019 dibatalkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki pada bulan lalu.

Jutaan pemilih Turki sendiri telah memberikan suara mereka secara nasional pada 31 Maret 2019 dalam pemilihan serentak untuk memilih wali kota, anggota dewan kota, mukhtars (pejabat lingkungan) dan anggota dewan yang lebih tua untuk lima tahun ke depan.

Erdogan ikut menyalurkan hak suara dalam pencoblosan ulang pemilihan Wali Kota Istanbul. Erdogan menegaskan pencoblosan ulang ini akan menentukan suara yang paling akurat.
(fai/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com