Erdogan Ikut Nyoblos Ulang untuk Pemilihan Wali Kota Istanbul

Ray Jordan - detikNews
Minggu, 23 Jun 2019 17:43 WIB
Foto: BBC World
Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ikut menyalurkan hak suara dalam pencoblosan ulang pemilihan Wali Kota Istanbul. Erdogan menegaskan pencoblosan ulang ini akan menentukan suara yang paling akurat.

Dilansir dari Anadolu Agency, Erdogan menyalurkan hak suaranya di Distrik Uskudur, Istanbul, Turki, Minggu (23/6/2019). Erdogan menyebut para pemilih Istanbul akan membuat keputusan paling akurat untuk Istanbul.

"Para pemilih Istanbul akan membuat keputusan paling akurat untuk kota ini," kata Erdogan kepada wartawan setelah pencoblosan.


Untuk diketahui, Binali Yildirim dan Ekrem Imamoglu berlomba untuk menjadi wali kotamadya metropolitan terpadat di Turki itu, setelah pemungutan suara sebelumnya pada 31 Maret 2019 dibatalkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki pada bulan lalu.

Jutaan pemilih Turki sendiri telah memberikan suara mereka secara nasional pada 31 Maret 2019 dalam pemilihan serentak untuk memilih wali kota, anggota dewan kota, mukhtars (pejabat lingkungan) dan anggota dewan yang lebih tua untuk lima tahun ke depan.


Sebelumnya, Erdogan mendukung penuh pemilihan wali kota Istanbul diulang setelah pada pilkada Maret lalu kandidat dari kubu oposisi mengalahkan kandidat dari Partai AK pimpinan Erdogan. Erdogan menilai pemilihan ulang wali kota Istanbul merupakan langkah penting untuk menguatkan demokrasi.

Dilansir Reuters, Selasa (7/5/2019), Erdogan menilai pemilihan wali kota Istanbul pada Maret lalu telah dinodai oleh praktik korupsi yang terorganisir dan ilegalitas.


"Kami melihat ini sebagai langkah penting untuk memperkuat demokrasi kami," kata Erdogan kepada anggota parlemen dari Partai AK di parlemen.

"Kami percaya ada korupsi terorganisir dan ilegalitas penuh dalam pemilihan walikota Istanbul," lanjutnya. (jor/imk)