detikNews
Minggu 23 Juni 2019, 01:35 WIB

Jerman akan Angkat Isu Krisis Iran di Pertemuan KTT G20 Pekan Depan

Andhika Prasetia - detikNews
Jerman akan Angkat Isu Krisis Iran di Pertemuan KTT G20 Pekan Depan Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: REUTERS/Piroschka van de Wouw)
Frankfurt - Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak adanya solusi politik terhadap krisis di Iran. Isu ini juga akan ia angkat dalam pertemuan KTT G-20 di Jepang pekan depan.

Pernyataan ini disampaikan Merkel setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan serangan militer terhadap Iran. Merkel menyebut, Jerman menaruh perhatian atas krisis Iran.

"Harus ada solusi politik (tentang Iran) dan itulah yang sedang kami kerjakan," kata Merkel sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (22/6/2019).


Kekhawatiran tentang konfrontasi antara Iran dan Amerika Serikat telah meningkat meskipun Trump mengatakan bahwa dia tidak memiliki keinginan untuk berperang dengan Iran. Iran juga mengatakan pihaknya tidak mencari perang tetapi memperingatkan tanggapan 'menghancurkan' jika diserang.

Dalam pernyataan via Twitter, Trump menyatakan dirinya mencabut perintah serangan di menit-menit akhir karena dia menyimpulkan bahwa serangan militer tidak akan menjadi respons yang 'sepadan' terhadap aksi Iran menembak jatuh drone militer AS di Selat Hormuz. Meski demikian, Iran akan menghadapi segala ancaman yang diberikan AS.

"Terlepas dari keputusan apa pun yang mereka (pejabat AS) buat... kami tidak akan membiarkan satu pun perbatasan Iran dilanggar. Iran akan dengan tegas menghadapi segala agresi atau ancaman oleh Amerika," ujar Jubir Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi di Dubai, sebagaimana dilansir Reuters.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed