detikNews
2019/06/22 07:43:08 WIB

Round-Up

Bingungnya Belanda Pengusutan MH17 Bikin Tak Senang Malaysia

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bingungnya Belanda Pengusutan MH17 Bikin Tak Senang Malaysia Kerangka Malaysia Airlines MH17 (Foto: REUTERS/Michael Kooren)
Amsterdam - Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte keheranan dengan sikap PM Malaysia, Mahathir Mohamad. Rutte heran sebab Mahathir justru mengkritik keputusan mengadili empat tersangka kasus jatuhnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17.

Awalnya Mahathir menyebut keputusan mengadili tiga warga Rusia dan seorang warga Ukraina sebagai plot politik terhadap Rusia. Adapun empat pihak yang akan diadili yakni Igor Girkin, Sergei Dubinsky dan Oleg Pulatov (Rusia), serta Leonid Kharchenko (Ukraina).

"Kami sangat tidak senang. Sejak dari awal, ini telah menjadi isu politik tentang bagaimana menuduh Rusia melakukan kesalahan," cetus Mahathir seperti dilansir dari media The Star, Kamis (20/6/2019).

"Bahkan sebelum mereka memeriksa kasus ini, mereka telah mengklaim itu (penembakan jatuh MH17) dilakukan oleh Rusia," kata Mahathir kepada para wartawan.



Mahathir menegaskan bahwa Malaysia tidak yakin dengan temuan-temuan tim penyelidik internasional yang dipimpin Belanda. Dia menuntut para penyelidik untuk memberikan bukti bahwa orang-orang Rusia berada di balik penembakan jatuh MH17.

"Sejauh yang kami ketahui, kami ingin bukti kesalahan (bahwa Rusia melakukannya). Namun sejauh ini, tidak ada bukti, hanya desas-desus," tutur Mahathir.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed